Rabu, Juni 07, 2017

Federal Matic 2x Revolusi Dingin

Self Belief, kepercayaan pribadi, tanpa sadar mempengaruhi kita dalam memutuskan sesuatu. Contohnya saya, waktu kecil, ngeliat ayah naik motor trail, wow itu laki - laki banget. Tanpa sadar hal itu jadi mempengaruhi saya ketika sudah dewasa, dalam hati saya nggak pernah mau beli motor matic, itu motornya cewek. Tapi belief ini akhirnya bisa tergerus juga setelah orang yang paling saya sayangi, istri saya, bilang, "mungkin kamu bisa melihat dari sudut pandang yang lain." Tapi dia nggak melanjutkan kata-katanya dan meninggalkan saya sendiri saat kami berdiskusi tentang motor apa yang sebaiknya saya beli. 

Efisiensi dan efektif, menjadi pertimbangan saat saya akhirnya memutuskan untuk membeli motor matic beberapa bulan lalu. Dan mungkin, saya juga bisa melihat dari sudut pandang yang lain, sekaligus membuang ego saya, agar motor ini selain bisa saya yang gunakan, istri saya juga bisa mengendarainya. Awalnya agak aneh juga mengendarai kendaraan yang saya pikir tadinya buat perempuan, tapi lama - kelamaan terbiasa juga sampai akhirnya 4000 sekian ratus kilometer tercatat di odometer-nya. Ini adalah saatnya saya untuk mengganti oli motor matic pertama saya. 

Tiba di bengkel, Oli Motor apa yang akan dipergunakan saya juga bingung, mekanik bengkelnya bertanya, "biasanya pake oli apa pak ?" agak malu juga untuk menjawab ini yang pertama, atau nggak tahu, ha..ha..ha, makin sadar bahwa saya masih belum boleh mengizinkan diri saya kelihatan bodoh di depan orang lain. Oli Motor Matic pastinya, dalam hati saya, tapi Oli Motor Terbaik yang mana, itu dia yang saya belum tahu. Seolah jadi paranormal, mekanik bengkel menangkap kebingungan saya, sambil membawa brosur dari Federal Oil, "ini mas, sambil dibaca saya jelasin sedikit..." dia lalu melanjutkan, "mesin motor matic itu butuhnya oli mesin yang nggak terlalu encer, Federal Oil yang Ultratec Matic, memang diproduksi khusus untuk motor matic" sambungnya lagi. Saya sambil melihat brosur, sesekali mata saya juga melirik ke deretan oli merk lain yang terpampang di etalase bengkel ini. "Bagusnya lagi, oli ini memang bagusnya untuk motor merk yang sampeyan pake mas, sama oli ini punya teknologi Pelindung panas, jadi dia fungsinya supaya gesekan didalam mesin dilindungi, jadi suhu di mesin tetap dingin dan suara juga lebih halus." 

"Sebentar deh mas.." kata saya sambil berjalan ke arah etalase bengkel dan bertanya lagi sama si engkoh yang punya bengkel. "2x lebih Efektif, pake ini" kata si engkoh sambil menunjuk botol berwarna orange. "Pokoknya elu kalo pake ini, motor jadi 2x lebih kencang, 2x lebih bandel" Lanjutnya. Lalu saya menanyakan mengenai harganya dan jawabannya mengacu pada 2x lebih efektif, "Terjangkau, lebih murah dari yang itu" katanya sambil menunjuk merk lain. Balik lagi nih ke belief saya, bahwa sesuatu yang harganya lebih mahal atau paling mahal, pasti yang paling bagus, mungkin nggak selamanya benar dan mungkin ini waktunya saya melatih untuk melihat dengan sudut pandang yang berbeda, sudut pandang dari orang yang memang professional di bidangnya, toh mereka juga pasti pengen bisnis bengkel-nya maju dan terpercaya, jadi nggak mungkin juga mereka sembarangan merekomendasikan merk sembarangan.


Akhirnya saya putuskan untuk mengikuti rekomendasi mereka dengan memilih Federal Oil Ultra Tec sebagai Oli Motor Matic, Oli Motor Terbaik. Hasilnya setelah pertama kali saya ganti oli itu, ya memang cespleng, benaran 2x lebih kencang dan 2x lebih bandel. Tambahan masukan juga dari mas mekanik untuk mengganti oli setiap 2000 KM, jangan sampe 4000an seperti pertama. Ternyata, nggak rugi juga sedikit merubah sudut pandang kita tentang hal - hal tertentu, merubah self belief kita dan menurunkan ego kita sedikit, toh hasilnya juga bagus, efisien dan efektif biar motor yang membawa kita mengarungi jalanan mencari rezeki tetap bersahabat saat digunakan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar