Jumat, Februari 07, 2014

EO Acara Karnaval


Menggelar acara dengan tema karnaval memang seru dan menyenangkan, karena ada banyak kemeriahan dekorasi dengan bendera warna - warni, badut dengan berbagai aksi, balon - balon yang ceria dan nggak ketinggalan, permainan karnaval. Yang terakhir disebut, memang menjadi roh dalam tema ini. Dari pengalaman saya, karena konsep karnaval yang berupa festive, festival, dimana tidak ada lagi acara - acara yang formil, maka, ketika dipaksa, audiences harus menyimak juga acara yang ada di panggung, maka, konsentrasi mereka pun terpecah. Ingat, sesuatu yang nggak fokus, nggak akan berhasil, maka, nggak berhasil juga kita membuat mereka konsentrasi penuh untuk mengarahkan pandangan ke panggung. Serunya bermain di berbagai jenis permainan karnaval, tentu saja akan jadi juara, ketimbang mereka harus mengalihkan pandangan ke arah panggung. 

Solusinya? Dibuatlah satu sesi khusus bagi audiences, dimana didalam sesi tersebut, mirip seperti free session. Makan malam dimulai, prasmanan dibuka dan bersamaan dengan itu, beragam permainan karnaval juga mulai dimainkan. Hadiah - hadiah yang dipersiapkan, sedikit demi sedikit mulai berpindah tangan ke para audiences yang berhasil menjadi pemenang dalam permainan karnaval. Dan ini tips juga buat teman - teman yang akan mengadakan konsep karnaval dengan dukungan permainan, tips-nya adalah, ada baiknya kita menyiapkan kupon sebagai tiket bagi peserta yang akan bermain, mereka yang sudah bermain, maka tidak punya lagi kesempatan untuk kembali bermain. Jadi nggak ada tuh, 1 orang main berulang kali di permainan yang sama. Kenapa ini saya perlu tekankan, ternyata, usia remaja bahkan dewasa, ketika ketemu dengan permainan - permainan karnaval, mendadak mereka merasa penasaran, pengen main lagi dan lagi, sementara, nggak sedikit juga yang belum bermain tapi malah nggak dapat kesempatan. 

Setelah sesi makan dan bermain - main, maka stand permainan karnaval, secara resmi ditutup, beberapa menit sebelum acara di panggung dimulai. Harap maklum, karena ini adalah gathering tahunan untuk para distributor produk, maka, acara di panggung, menjadi sangat penting bagi client agar dapat menyampaikan pesan - pesan untuk program promosi dan sekilas update mengenai product knowledges. Maka setelah stand permainan karnaval ditutup, dikosongkan dari yang jaga, maka audiences fokusnya hanya mengarah ke panggung. 

Pemisahan slot acara antara bermain dan acara di panggung, memang jadi salah satu solusi untuk masalah ini, kecuali, kalau konsepnya memang karnaval, dan acara di panggung hanya sebagai pendukung yang ikut meramaikan content acara, bisa disimak sambil lalu, ya nggak apa - apa, nggak usah dipisah juga masih ok. Sederhananya, yang ingin saya sharing pada artikel ini, kita harus bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan oleh client, kalau mereka cuma mau berbagi kegembiraan dan berbagi hadiah dengan distributor melalui game karnaval, ya sudah, biarkan berjalan saja bersamaan dengan acara di panggung. Kalau ternyata, mereka juga ingin audiences fokus pada acara di panggung, membaginya menjadi dua slot acara yang berbeda di run down adalah salah satu solusi. 

1 komentar: