Kamis, Januari 09, 2014

Siapa Yang Salah? Bukan Itu Masalahnya!


Kadang, dalam persiapan sebuah acara, ada masalah tertentu yang disebabkan salah pengertian dalam proses komunikasi. Mungkin nggak jadi soal, kalau client-nya nggak mempermasalahkan, tapi lain perkara kalau jadi bahan complaint dari client, apalagi kalau sampai marah - marah. Siapapun di dunia ini, pasti nggak suka deh menghadapi orang yang marah - marah, pasti kita mau marahnya reda dan kalau perlu berganti dengan senyum :) 

Kesalahan atau masalah, baik kecil ataupun besar, saat persiapan acara, bisa saja terjadi tanpa kita duga sebelumnya. Team EO yang baik, pasti di komando oleh komandan yang baik pula. Saya sering menemukan di lapangan, team internal EO yang nggak solid, bahkan saling menyalahkan ketika terjadi masalah. Selain menyalahkan satu sama lain, mereka juga kerap menganalisa masalah, sebabnya apa, karena siapa dan sejenisnya. Professional Event Organizer yang baik, tidak akan saling menyalahkan, apalagi posisi saling menyalahkan ini, terjadi saat persiapan acara dimana nggak lama lagi, acaranya akan dimulai, dan konyolnya lagi, kadang saling menyalahkan itu pun sampai terlihat di depan client. Padahal, mencari siapa yang salah nggak akan menyelesaikan masalahnya. Pasti kita juga sepakat pada hal tersebut. 

Dalam buku yang saya tulis, " EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer " saya tuliskan beberapa karakter dasar yang harus dimiliki oleh mereka yang ingin berprofesi sebagai Event Organizer, salah satunya adalah Memiliki ketenangan ketika terjadi masalah. Tenang, ya bukan tenang aja, tapi tenang yang didasari dengan keahlian untuk memecahkan masalah tersebut, dengan bersama - sama team-nya, mencarikan solusi yang paling jitu dari sekian banyak pilihan solusi. Mungkin bisa jadi contoh yang baik, salah seorang teman dengan team-nya, ketika ada masalah, bersama dengan anggota team-nya, teman saya ini malah ngajak ngopi dulu di luar, lalu saat itulah mereka membicarakan beberapa alternatif solusi yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Jadi, ketika ada masalah dalam sebuah event, nggak perlu ribut, saling menyalahkan, apalagi sampai terlihat oleh client, karena masalah itu datang untuk kita selesaikan dengan mencari solusi, bukan mencari siapa kambing hitamnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar