Kamis, Januari 16, 2014

Persiapan Acara Seminar

Bagi teman - teman Event Organizer yang sudah sering mempersiapkan acara yang besar, perhelatan seperti seminar, bisa jadi dianggap sebagai sebuah hal kecil dan sepele. Karena, dilihat dari pengaturan susunan acara dan kebutuhan selama acara tersebut, bisa dibilang cukup sederhana. Sayangnya, kalau hal - hal yang dianggap kecil dan sepele ini tidak diperhatikan, tidak di coba terlebih dahulu, bisa jadi berantakan. Hal ini sudah saya buktikan ketika mengikuti sebuah seminar marketing yang di handle oleh perusahaan event organizer yang cukup ternama. 

Kebutuhan acara seminar di panggung, yang terdiri dari perangkat audio dan visual, sebenarnya sudah disiapkan sejak malam sebelumnya. Ini asumsi saya, karena penyusunannya sudah cukup baik, rapi, tanpa ada kabel - kabel yang melintang. Setengah jam sebelum acara dibuka, tidak ada satu orang pun yang mencoba sistem tata suara-nya, khususnya microphone wireless yang akan digunakan, sementara, di belakang sana, tempat antrian, ada banyak staff berseragam bertuliskan crew, menggerombol tanpa melakukan hal - hal yang berarti. 

Ketika dimulai, diawali dengan sedikit pembukaan, microphone wireless-nya tidak dapat dipergunakan, untungnya masih ada spare, sehingga acara bisa berjalan. Setelah diganti battery-nya, ternyata bisa dipergunakan. Ha..ha..ha, masalah sepele kan? Coba kalau di cek sebelum acara dimulai, setengah jam aja sebelum acara dimulai. Makanya, yuu kita biasain deh cek and re-check untuk semua kebutuhan pendukung acara, mumpung acaranya belum dimulai. Karena kalau sudah dimulai, bisa jadi masalah itu, jadi masalah serius dan jadi celah untuk client bisa complaint ke kita sebagai EO-nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar