Kamis, Januari 23, 2014

Panduan Merancang Press Conferences

Sebagai Event Organizer apalagi yang fokus pada target market corporate, maka, kita harus serba bisa untuk menyiapkan berbagai jenis acara sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diinginkan oleh client. Corporate dengan produk yang dijual massal, pasti banyak melakukan aktivitas promosi dan publikasi. Apalagi, ketika sebuah produk akan diluncurkan, atau program corporate lainnya akan dijalankan, CSR misalnya, maka publikasi menjadi bagian yang penting, agar kegiatan tersebut dapat dipublikasikan ke khalayak. Apa yang perlu kita siapkan ketika kita diminta oleh client untuk merancang sebuah acara press conferences ? 

Daftar Media, tentu saja, inilah yang pertama kali perlu kita siapkan. Dalam merancang media - media mana saja yang akan diundang, tentu saja, kita harus menyesuaikan antara media yang akan diundang dengan produk atau program yang akan diluncurkan. Carilah media yang memiliki bidang pembahasan yang sama dengan produk atau program tersebut, atau carilah media dengan target pembaca yang sesuai dengan target market dari program / produk tadi. 

Ajukan daftar media ini ke client, biarkan dari pihak mereka yang memilih, mana yang menurut mereka perlu dan sesuai untuk diundang dan mana yang tidak. Jika sudah dipilih, maka, kita akan memulai pekerjaan dengan membuat press release singkat dan undangan untuk acara press conferences itu sendiri. Pembuatan materi press conferences, ada baiknya, diserahkan kepada pihak client, khususnya, ke bagian promosi dan publikasi. Atau jika tidak, mintalah brief lengkap mengenai point - point yang ingin disampaikan. 

Lalu? Langkah selanjutnya, menurut versi saya, akan saya sharing pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat dan semoga bisa kembali lagi menuliskannya untuk teman - teman. Mohon maaf sebelumnya karena harus saya sambung, karena ada pekerjaan yang sudah menunggu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar