Jumat, November 22, 2013

Menjadi EO yang sukses! bukan cuma soal uang :)


Setiap orang yang memiliki passion pada bidang tertentu, bila ditekuni secara konsisten, lambat laun, pasti akan sukses! Begitu juga, teman - teman yang memiliki passion dalam bidang pengorganisasian acara. Sudah banyak pengalaman teman - teman saya yang secara konsisten mengorganisir acara, mulai dari skala kecil sampai perhelatan yang melibatkan banyak audiences dengan tingkat kerumitan yang tinggi, hingga akhirnya sukses dan dikenal sebagai professional dalam bidang Event Organizer. Apa yang membuat mereka bisa sukses sedemikian rupa, ternyata, nomor satunya adalah passion! They enjoy when they're working! Mereka menikmati saat - saat dimana bekerja, malah ada joke, bahwa pekerjaan adalah bagian dari liburan mereka !

Selain passion, yang nggak kalah penting adalah karakter dasar dalam diri mereka, dan ini, menunjang sekali untuk suksesnya mereka dalam bisnis EO. Komunikatif, adalah salah satunya, supel dan mudah bergaul adalah karakter yang memang harus dimiliki oleh mereka yang berbisnis dalam bidang jasa, apapun, termasuk event organizer. Sebagaimana kita ketahui, bisnis jasa, memang erat kaitannya dengan hubungan personal yang baik, apakah dengan client kita sendiri ataupun dengan vendor pendukung acara kita. Kalau hubungannya sudah baik, bukan masalah lagi untuk mendapatkan pekerjaan dari client di waktu yang akan datang, selain, tentu saja, vendor pendukung kita pun, nggak sungkan untuk memberikan lebih dari yang kita minta. 

Kreatif dan Imajinatif, adalah bagian penting berikutnya bagi mereka yang ingin sukses dalam bidang event organizer. Kreatif dan imajinatif disini, tentu saja juga harus dapat diaplikasikan pada pelaksanaan event-nya, dan, karena kreatif juga, ketika ada masalah yang muncul saat persiapan acara atau acara berlangsung, kita dapat mencari solusi yang cepat dan tepat sehingga rangkaian persiapan dan acara kita berjalan dengan baik. 

Masih ada lagi hal lain yang membuat seseorang bisa menjadi pelaku usaha event organizer yang sukses, percaya nggak percaya, untuk jadi sukses dalam bidang ini, bukan sekedar modal dalam hal finansial yang besar, karena beberapa orang yang saya kenal, karena pandai berkomunikasi dan jujur, akhirnya dipercayakan oleh beberapa orang investor untuk mengelola jutaan rupiah untuk dikembangkan dalam bisnis ini. Jadi, tetep semangat, tetep belajar, tetep low profile dan tingkatkan terus kemampuan kita berkomunikasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar