Kamis, November 07, 2013

Blogger, Bagian Penting dari Publikasi !

Nggak nyangka awalnya, kalau perusahaan otomotif yang satu ini menaruh perhatian besar pada publikasi di dunia maya a.k.a internet. Agak kaget juga ketika melihat brief mereka bahwa mereka mengalokasikan 1 hari khusus untuk blogger setelah sehari sebelumnya mengundang hampir semua lini media, untuk meliput launching produk terbaru sepeda motor matic mereka. Blogger yang diundang nggak banyak, dari sekitar 30 orang blogger yang diundang, harapan mereka nggak terlalu muluk, setengahnya datang aja udah bagus. Menurut Marketing Head mereka, blogger nggak bisa dianggap remeh, tulisan mereka, katanya bisa merubah persepsi awam akan sebuah produk. Ia menambahkan, apa yang ditulis oleh para blogger, ditafsirkan oleh masyarakat sebagai sesuatu yang netral, mereka menulis juga nggak dibayar, dan lebih banyak yang mereka tulis adalah pengalaman pribadi dalam menggunakan sebuah produk, sehingga, jika yang ditulis baik, maka, persepsi baik juga yang akan muncul tentang produk tersebut. 

Masuk akal ! Hebatnya lagi, divisi PR mereka cukup intens berkomunikasi di dunia maya dengan para blogger, sehingga, bukan perkara sulit bagi mereka untuk mengundang para blogger untuk ikut datang ke acara launching ini. Karena perannya yang cukup besar itulah, mereka juga nggak main - main dalam pelayanan perjalanan dan suguhan acaranya, seluruh blogger diberangkatkan menuju pabrik tempat dimana launching ini dilaksanakan dengan sebuah minibus ber-AC, diberikan press kit, diajak factory visit disusul dengan test ride, diajak makan malam dengan menu istimewa, sampai dikasih hadiah kenang - kenangan dan sebuah doorprize uang tunai jutaan rupiah..weeeew :) 

Sayangnya, nggak semua perusahaan punya pemikiran yang sama tentang blogger sebagai bagian penting untuk kebutuhan publikasi komersil. Mengundang rekan - rekan dari media, dianggap sudah cukup, tanpa memperhatikan perkembangan zaman yang mulai merubah pola pikir masyarakat, dimana kebanyakan, mulai menjadikan browsing di internet sebagai bagian dari proses mereka mencari referensi sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Mungkin kita sama seperti kebanyakan, pas mau beli sesuatu, mendapatkan komentar tentang review sebuah produk dari orang awam sekalipun di internet, akan mempengaruhi keputusan kita untuk jadi membeli produk tsb atau nggak! Dan biasanya, komentar atau review tadi, ditulis oleh blogger di blog personal mereka, atau di web tempat produk tsb dijual, jadi, coba pertimbangkan untuk melibatkan blogger di acara kita, mereka dinilai lebih netral oleh masyarakat, komentar mereka dianggap mewakili penilaian sebuah produk, karena mereka memang bagian penting dari sebuah publikasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar