Kamis, Agustus 22, 2013

Komunikasi Digital Ala Pemda DKI

Mungkin kita bosan dengan berita tentang pasangan Jokowi - Ahok yang tiap hari pasti selalu ada di media, mulai dari komentar galaknya Ahok, sampai gimana santai-nya seorang gubernur mau nonton konser yang katanya tanpa pengawalan. Dua orang ini memang pasangan yang serasi, yang satu tegas dan kelihatan ketegasannya, yang satu lagi meskipun kelihatan kalem dan santun, tapi lihai dalam membereskan masalah-masalah yang ada di ibukota. Sejak keduanya memimpin ibukota, ada banyak yang berubah, khususnya dari sisi keterbukaan akses kita ke informasi publik dan pemerintah daerah yang selama ini tertutup atau mungkin sengaja ditutup :) 

Yang paling terkini dan paling saya suka, adalah kedua orang ini juga sangat aware untuk memanfaatkan sosial media untuk kepentingan tugas-tugasnya. Ada satu akun twitter milik Humas Pemda DKI, ini yang paling saya sukai. Disini kita bisa berkeluh kesah tentang masalah apa saja yang terjadi di ibukota, mulai dari jalanan yang rusak, PKL yang mengganggu lalulintas dan pelayananan publik lainnya. Admin akun ini pun, sangat aktif, hebatnya lagi, ternyata sekarang di Pemda DKI juga sudah banyak akun twitter di setiap Dinas, sehingga tak jarang, masalah yang disampaikan oleh publik, di retweet oleh admin akun humas ke Dinas terkait dengan keluhan itu. Artinya, semua keluhan atas masalah di pelayanan publik, langsung tersampaikan tanpa ada perantara lagi. Urusan ditindaklanjuti, bagi saya itu, urusan berikutnya, tapi yang salut ya itu, komunikasi publik ke pemerintah daerah, berjalan dengan baik. 

Kalau saja semua Pemerintah Daerah menjalankan komunikasi digital model ini, sudah pasti pelayanan publik akan jauh lebih baik. Kuncinya, memang ada di komunikasi. Bagaimana kita yang rakyat biasa ini mau complaint atas pelayanan publik? palingan cuma bisa ngomong jorok di twitter mengungkapkan keluhan atas pelayanan birokrasi yang berbelit - belit, ha..ha..ha. Komunikasi dua arah meskipun melalui twitter atau sejenisnya, setidaknya sudah membuka pintu komunikasi. Komunikasi memang kunci sukses untuk semua hal, makanya, belajarlah ilmu komunikasi meskipun komunikasi ala digital :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar