Senin, Juli 29, 2013

Contoh teman Korea kita dong !

Setelah sekian lama bergelut dalam bidang usaha pengorganisasian acara, tibalah saatnya saya untuk bertemu dengan beberapa client dari mancanegara. Kurang lebih 10 tahun lalu, beberapa orang dari negeri Menara Eiffel menjadi partner kerjasama ketika menggarap konsep party untuk hari kasih sayang, yes, their we're perfect ! Mereka punya sistematika yang runtut untuk persiapan performance-nya, seolah sudah menjadi SOP, bahkan lebih dari itu, seolah seperti robot yang ritme kerja-nya sudah sangat teratur, detail minute by minute. Untuk urusan safety, menjadi top priority bagi mereka. Tapi, ya sudah sampai disitu saya kagum. 

Ketika belum lama bertemu dengan client dari Korea, well, mereka membuat saya kagum, jauh melebihi teman - teman dari Perancis. Selain detail, teliti, sangat well prepared dan sangat memperhatikan detail artistik, ada tambahan satu lagi yang bisa jadi contoh buat saya, buat kalian semua, they loved their country very much ! Bener - bener edaaan, setiap kali ada kesempatan untuk berbicara dalam forum tidak resmi, mereka selalu menceritakan betapa indahnya negara mereka, mereka juga kerap bercerita mengenai budaya K-Pop dan si kuncir kuda, Psy yang telah mendunia. Kecintaan mereka pun, lagi - lagi diperlihatkan saat acara berlangsung. 

Acara yang bertajuk seminar, dibumbui sedikit pemasaran untuk produk CNG Engine mereka, tiap kali ada slot untuk memasukkan visual, mereka menyiapkan hampir 200 images yang merupakan capture dari berbagai tempat wisata dan keindahan alam di Korea, beberapa diantaranya juga menampilkan ragam seni dan budaya Korea khususnya yang tradisional. Betapa bangga-nya mereka menampilkan semua yang ada di negara mereka. Ketika saya iseng bertanya, ternyata, 200 images itu, memang sudah ada di dalam desktop notebook mereka, sudah diinstall oleh bagian IT dari perusahaan mereka. Wow, sudah menjadi sistematika rupanya bagi perusahaan Korea kebanyakan. 

Waaah, kecuali dalam misi kebudayaan, mungkin nggak orang Indonesia melakukan hal yang sama? saya sih nggak yakin! Gimana teman-teman? Agak janggal rasanya di zaman sekarang ini menemukan warga negara Indonesia yang benar - benar bisa dengan bangga-nya bilang kalau mereka orang Indonesia. Bener nggak? Mungkin nggak semua, karena kalau semua, rasanya koq nggak mungkin juga ya :) Tapi apa yang terjadi dengan teman - teman dari Korea tadi, barangkali bisa jadi contoh, bahwa dimanapun kita berada, kita seharusnya juga bangga untuk menampilkan Indonesia kita sambil bilang dengan bangga bahwa Kita adalah Indonesia! Sama seperti teman - teman liverpudlian yang dengan bangganya menyebut Liverpool sebagai klub kebanggaan mereka, bisa nggak ? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar