Minggu, Januari 22, 2012

Totalitas, jangan setengah - setengah!



Banyak hal yang bisa kita pelajari dari pertandingan sepakbola, dan karena ada begitu banyak pertandingan sepakbola dengan kejadian yang berbeda, maka, ada banyak juga hal - hal yang bisa kita pelajari dan itu berbeda - beda pula. Ketika saya menulis ini, pertandingan Manchester City kontra Tottenham Hot Spurs baru saja usai, hasilnya 3-2 untuk kemenangan Manchester City. Babak pertama dari laga ini berjalan agak monoton dan berakhir dengan score kacamata. Babak kedua mulai terjadi gol, dimana Manchester City mencetak dua gol dalam selang waktu yang berdekatan dan langsung dibalas oleh Tottenham dalam waktu yang juga berdekatan. Score sama 2, ketika masuk additional time, Baloteli mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol, bola umpan sudah berhasil ia terima, ia masuk dalam kotak dan tak lama sebuah tackle memotong kaki dilakukan kepadanya, wasit menunjuk titik putih, semua pemain Tottenham merasa kecewa, karena dua gol balasan mereka tak ada artinya lagi ketika bola akhirnya tak mampu dihadang kiper gaek Friedel. 

Apa yang bisa kita pelajari pada pertandingan itu? Konsentrasi para pemain Tottenham mulai menurun seiring dengan score 2-2 yang sudah mendekati akhir pertandingan, sepertinya akan bertahan. Tottenham merasa bahwa score tersebut sudah cukup bagi mereka. Hal ini nggak jauh beda dengan kehidupan kita, ketika kita sedang melakukan sebuah pekerjaan yang memerlukan konsentrasi penuh, kadang, ketika pekerjaan itu sudah hampir selesai, kita cenderung untuk mengatakan, "sebentar lagi juga selesai, istirahat dulu sedikit" atau secara sengaja kita menurunkan fokus kita, konsentrasi kita, padahal pekerjaan kita belum selesai. Nggak jarang juga, karena multiple task yang memang harus kita kerjakan, ketika satu pekerjaan sudah hampir selesai, kita malah mengerjakan pekerjaan lain baru, sehingga konsentrasi kita harus terbagi. 

Maka dari itu, jagalah konsentrasi dan fokus kita sebaik mungkin sejak awal hingga akhir pekerjaan kita. Jangan biarkan kita mengerjakan sesuatu dengan setengah hati, setengah konsentrasi dan serba setengah - setengah, karena itu akan membuat hasilnya pun jadi mengecewakan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar