Jumat, Januari 13, 2012

Bisnis Online? Gampang Go Blog!


Kalau saya tulis era baru, rasanya agak ketinggalan zaman juga ya? Tapi, apa mau dikata, beberapa tahun belakangan, internet menjadi media baru yang mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus terlibat didalamnya. Internet juga telah merubah bagaimana orang berinteraksi, bahkan ia juga merubah bagaimana cara orang nyari duit. Kalau kita search di google dengan menggunakan kata kunci bisnis online, cara cari duit, peluang usaha dan sejenisnya, maka, akan muncullah ribuan website dan materi promosi lain yang seolah menggampangkan cara cari duit di internet. Ada banyak website yang menawarkan cari duit dengan cara yang mudah sekali, ada yang menawarkan bisa tarik tunai di atm sampai berapapun, ada yang menawarkan sebuah paket "mesin uang" yang nggak berhenti beroperasi dan masih banyak lagi. Jujur, awalnya saya juga suka ngeliat yang gituan, malah, ada beberapa yang saya ikuti dan saya beli produknya, agak sedikit kecewa karena merasa tertipu, tapi, yeah, mereka yang menjual ini juga bukan penipu, masalahnya ada pada perbedaan penggunaan permainan kata yang sedikit bombastis dan sarat dengan perumpamaan.

Tapi, diluar dari itu, banyak juga yang tertarik dengan bisnis online, istilah yang dipergunakan untuk mereka yang usahanya melalui internet, menjual barang atau jasa dengan membuat sebuah website atau numpang di website online shopping, bisa juga mereka yang jualan dengan memanfaatkan social media seperti facebook dan twitter. Sudah banyak orang yang sukses berbisnis on-line, rata - rata, kalau menurut sih, mereka yang sukses, punya differensiasi yang signifikan, kebanyakan mereka adalah pionir, kebanyakan lagi, mereka adalah pengusaha offline yang meng-online-kan bisnis mereka. Internet jadi leverage atau alat bantu atau alat ungkit yang membuat promosi mereka tidak terbatas cuma di area toko offline mereka, internet telah membukakan pasar yang nggak ada batasnya!

Memulai bisnis online, sekarang ini, sebenarnya nggak sulit - sulit amat! Kalau dibilang susah, buat mereka yang belum pernah megang komputer dan tahu apa itu internet, sudah pasti susah :) Tapi, buat mereka yang sudah terbiasa dengan internet, mulai dari komunikasi melalui email, interaksi dengan teman di facebook atau twitter, buka toko online, semudah mendaftarkan diri kita untuk mendapatkan fasilitas email gratisan. Beberapa website on-line shopping pun banyak yang menyediakan toko online untuk para anggotanya agar mudah berjualan didalam website tersebut, dengan menjadikan website tersebut sebagai perantara yang mendapatkan komisi dari setiap hasil penjualan.

Tapi, bagaimana dengan bidang usaha jasa, yang produknya nggak secara real bisa dipegang? Konsultan, Lawyer, Event Organizer, Montir, Dokter, atau usaha-usaha dalam bidang penyewaan, dimana mereka harus secara langsung bertemu dengan client pengguna jasa mereka, karena produk mereka tidak bisa dibeli seperti kita membeli sepasang sepatu secara online. Hayooo, gimana coba?

Go Blog! bukan goblog cyiin :) Go Blog maksudnya, Go Nge-Blog, ayo kita nge-blog! Blog menurut versi saya adalah sebuah website yang menampilkan dan merangkum tulisan - tulisan kita, artikel dalam bidang tertentu sesuai dengan spesialisasi kita, dipublikasikan di website blog yang banyak tersedia gratis. Ini juga namanya bisnis online lho! Karena kita berupaya untuk menawarkan jasa kita melalui sebuah rtikel yang bisa jadi promosi, pengalaman kita saat menyelesaikan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita, masalah, kiat dan trik pada bidang usaha tersebut.

Gimana caranya Go Blog? Kalau kita sama sekali belum pernah nulis di blog gimana? Terus, apa cuma menulis artikel tentang bidang usaha kita, mempromosikan usaha kita, lalu kita dapat duit? Berapa lama kita harus nunggu dari proses nge-blog sampai dapat client, Kan ini bisnis, kalau nggak ada duitnya, itu sih bukan bisnis, bersenang - senang namanya :) Jangan khawatir cyiin, ada Sekolah Blog yang bisa membuat kita bisa nge-blog, yang akan ngajarin gimana - gimananya soal blog, dan enaknya lagi, di sekolah ini, kita nggak cuma belajar gimana caranya nge-blog, tapi, ini yang penting untuk bisnis online,
Sekolah Blog ini ngajarin kita bagaimana caranya kita dapat duit dari nge-blog! Duit! Duit! Duit! Adalah yang kita cari kalau kita berbisnis bukan?

Kalau kata orang penakut yang nggak mau maju, mereka pasti bilang "Hidup itu Perjudian, udahlah, nggak usah terlalu semangat! Tunggu aja sampai kita beruntung!" Beda dengan kata orang berani, bijak dan pintar, dia pasti bilang begini, "Hidup itu memang benar perjudian, tapi nggak akan ada keberuntungan dalam perjudian kalau kita nggak punya modal." Keberuntungan adalah saat dimana kesempatan bertemu dengan kesiapan, nah, kalau mau beruntung dengan berbisnis on-line, ada banyak tuh kesempatan, sekarang, kitanya udah siap belum? Kalau mau cepat siap, belajar dulu di Sekolah Blog, dan nanti, kita bisa bilang, teriak deh kalau perlu, "Bisnis Online? Gampang Go Blog! "



1 komentar:

  1. Bisnis online perlu kita lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan

    BalasHapus