Rabu, Mei 04, 2011

EO di PRJ ?

Mendekati waktu pelaksanaan Pekan Raya Jakarta tahun 2011, saya sedang giat - giatnya merevisi konsep dan anggaran agar, setidaknya, mendekati keinginan client. Meskipun, terus terang, untuk benar - benar sama dengan harapan mereka, khususnya dari sisi anggaran, tidaklah mudah. Ada banyak pertimbangan untuk mempertahankan anggaran pada bottom yang sudah saya set, tentu saja, hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan seluruh komponen pendukung acara sampai pelaksanaan acara yang berlangsung selama 1 bulan tersebut dapat tersedia dengan baik.

Event Organizer, atau EO, untuk mengorganize sebuah event berdurasi panjang seperti PRJ, memang memiliki tanggung jawab yang besar, karena disamping durasi yang panjang, kebutuhan pendukung acara selama pelaksanaan exhibition tersebut, bisa dibilang tidak sedikit, salah perhitungan sedikit, maka, sudah pasti akan berdampak pada pelaksanaan acaranya, bila tidak di awal acara, pertengahan, menjelang penutupan akan terjadi masalah. 

Perhitungan yang matang untuk semua komponen kebutuhan acara, mutlak diperlukan. Kebutuhan produksi yang digunakan agak lama dan sangat penting, adalah booth atau stand pameran. Ini merupakan rumah kita selama pelaksanaan event berlangsung. Karena sifatnya yang menampung seluruh aktivitas kita selama pelaksanaan PRJ berlangsung, maka, bagian ini benar - benar harus di siapkan dan dianggarkan dengan tepat. Jangan sampai, demi mengejar keuntungan, stand booth terpaksa diproduksi dengan biaya produksi yang terus menerus di tekan. Mahal sedikit, namun dapat menjamin keamanan seluruh aktivitas selama pelaksanaan acara, tentu saja jauh lebih baik.

1 komentar: