Sabtu, Desember 04, 2010

Presentasi di November, berharap confirm di Desember ini

Lama nggak nulis buat blog sendiri :) Banyak kesibukan saya belakangan ini yang membuat saya harus sedikit melupakan blog ini, maklum saja, ada beberapa prospek yang berpeluang untuk menjadi project EO di bulan Desember ini, menuntut saya harus ekstra cepat mempersiapkan pengajuan konsep dan anggaran untuk mereka. Meskipun, sampai saat saya menulis postingan ini, belum ada juga yang konfirm :) Waduuuh, padahal sudah sebentar lagi acara terdekat di bulan Desember, tanggal 10 lho! Itu artinya tersisa waktu kurang dari 1 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya, padahal menurut client saya, semua konsep dan susunan acara rough yang diberikan kala saya presentasi, sudah ok, yang nggak ok, hanyalah anggaran. Sebenarnya bukan nggak ok juga sih, tapi karena direktur keuangan yang memutuskan mengenai anggaran sedang cuti dan baru mulai kerja di hari senin tanggal 6 Desember, itupun kalau yang bersangkutan masuk, sementara lihat deh tanggal, tanggal 7 itu libur nasional dalam rangka merayakan tahun baru Islam.

Kadangkala, client memang menganggap remeh atas jasa event organizer, mereka pikir, dalam waktu yang mepet pun semua bisa dikerjakan oleh EO. Kalau kita sih bisa dan nggak bisa, tentu saja tergantung dari kemampuan diri kita sendiri, karena, cuma kita yang bisa mengukur kesiapan kita dalam menjalankan dan mempersiapkan sebuah acara. Kadang, dilema juga menghadapi client yang berpola pikir seperti itu, kalau keseringan follow up, juga nggak enak, yang paling enak, melupakan sejenak dan memperlakukan client kita seperti teman, ajak makan siang! Beban moril sedikit buat dia, masa iya sudah di treat makan siang gratis di tempat yang jadi favoritnya, projectnya nggak jadi sama kita :) Tapi belum tentu juga sih, itu semua kan tergantung dari decision maker, masalahnya, siapa yang kita ajak makan :)

Bisnis jasa seperti Event Organizer memang menuntut kita untuk bisa bawa diri di depan client, bisa flexibel ngikutin maunya client, tapi jangan kebablasan sampai benar - benar ngikutin maunya client yang menurut kita sudah nggak mungkin. Harus smart juga untuk mempertimbangkan yang mana yang harus diikuti dan yang mana yang harus ditolak secara halus. Pengalaman dan feeling-lah yang akan jadi panduan kita untuk mempertimbangkan hal tersebut. Ok, semoga bulan desember ini beberapa prospek dari presentasi yang sudah dilakukan di bulan November akan menjadi project confirmed dan running di bulan ini. Sukses juga buat teman - teman semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar