Senin, November 01, 2010

Kapan Momentum Kita Datang ?

Dalam setiap masalah selalu ada peluang bukan ?! Saya melihat jelas hal itu pada beberapa kasus besar yang mendera bangsa ini. Agak besar skala-nya memang kalau kita ngobrol tentang apa yang terjadi dengan Indonesia belakangan ini, tapi, berbagai kejadian - kejadian buruk yang mendera, ternyata ada pihak - pihak yang dengan jeli melihat itu adalah sebuah kesempatan, itu merupakan peluang, bahkan menjadi turning point yang cukup hebat dan mendadak memutarbalikkan keadaan 180derajat bagi kemajuan perusahaan. 

Kasus tabung elpiji pertamina 3kg yang kerap menelan korban, adalah salah satu contohnya. Semua orang jadi khawatir dan takut menggunakan tabung gas elpiji 3kg, sampai - sampai, adik bungsu saya, menolak untuk menggunakan tabung gas 3kg dan memaksa saya untuk membelikan yang 12kg. Belakangan, salah satu perusahaan yang kebetulan pernah bekerja sama dengan saya, beberapa tahun lalu, Quantum, produsen kompor gas Elpiji sekaligus perusahaan yang memenangkan tender penyediaan kompor gas LPG pada program konversi energi dari minyak tanah ke gas, merilis produk regulator standard SNI dan memberanikan diri untuk promosi melalui TVC. Konsep TVC-nya juga sederhana namun langsung menegaskan akan kekuatan solusi dari masalah tabung gas. Padahal, Saya masih ingat, ketika saya dan team mengerjakan company profile perusahaan ini beberapa tahun lalu, produk regulator mereka sedang diproduksi dan masih dalam taraf pengujian. Dan dalam konteks promosi, ketika saya bertanya dengan salah satu BOD mereka, mereka enggan untuk memasang iklan di TV karena mereka belum percaya diri mengatasi dampak peningkatan pemesanan yang mungkin saja terjadi setelah iklan diluncurkan. Untuk regulator, See! Selalu ada peluang di tiap masalah bukan ? Jadilah solusi dengan menghadirkan produk yang dapat menjawab masalah!

Kalau dalam konteks dunia event organizer, saya belum pernah melihat ada EO yang come up dengan ide luar biasa, misalnya, dengan menyelenggarakan sebuah acara, dimana acara tersebut merupakan sebuah solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Let say, masalah kemacetan di Jakarta, sudah banyak pihak yang membahas masalah itu, tapi, adakah yang melibatkan masyakat secara langsung untk memberikan solusi pada masalah itu? Dilombakan dan ada hadiahnya! Djarum Black Innovation Award adalah salah satu event yang menurut saya sangat fenomenal dan simpatik sebagai upaya menggali kreativitas dan Yoris Sebastian sebagai pemilik ide dari event ini, sudah berulang kali menikmati momentum-nya datang termasuk ide “I Like Monday” yang melegenda itu. Bagaimana kalau kita bikin Traffic Jam Solution Award, sebuah event yang melombakan ide yang dapat mengurai kasus kemacetan di Jakarta. Karena selama ini belum pernah diadakan, kita nggak pernah tahu, ide - ide sederhana dan dasyat seperti apa yang dapat mengurai kemacetan di Jakarta, karena selama ini, tugas itu hanya dipikirkan oleh Pemprov DKI bersama Dinas Perhubungan. 

Kenapa kita terus berkutat dengan program yang hanya entertaining namun tidak mendidik, sementara yang bisa dilakukan oleh EO bukan sebatas membuat program hiburan. Bagaimana kalau program edukatif yang sekaligus entertaining dan bisa merubah pola pikir masyarakat? Ada banyak peluang dari setiap masalah yang ada, kendalanya adalah kita selalu membiarkan masalah itu terjadi, tanpa pernah berpikir akan solusinya dan melanjutkan dengan implementasi dari solusi tersebut. Mari kita cari momentum sebagai turning point kita untuk maju melesat bersama ide dashyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar