Senin, Agustus 30, 2010

Siapkan Jawaban Atas Segala Kemungkinan

Sebelum melangkah ke tempat client untuk mempresentasikan konsep berikut dengan anggarannya, ada baiknya, team creative mempresentasikan konsepnya terlebih dahulu dihadapan teman - teman di bagian lain. Disamping untuk mengecek sejauh mana tingkat penyesuaian antara konsep yang dibuat dengan brief yang sudah diberikan client, hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan gambaran pada kemungkinan - kemungkinan lain yang bisa saja terjadi pada waktu presentasi. Kemungkinan itu, tentu saja maksudnya ditujukan ke client, kadang secara general konsep yang kita ajukan menarik, namun, implementasi dari konsep masih dianggap biasa, atau bisa juga client menginginkan artis / talent lain yang sesuai menurut mereka.

Menjaga dari kemungkinan kita tidak bisa menjawab, atau tidak dapat memberikan alternatif kepada client, maka ada baiknya, kita telah mempersiapkan hal - hal yang mungkin saja ditanyakan atau diminta oleh client. Dengan mempresentasikan di hadapan teman - teman dari divisi yang lain, maka, bisa dijadikan simulasi kecil - kecilan sebelum presentasi. Dan meskipun teman, kala kita sebagai orang yang menyimak presentasi konsep dari bagian creative, kita harus bersikap kritis dengan mengajukan pertanyaan yang bisa jadi ditanyakan client.

Kemudian, artist / talent, bisa juga bagian yang bertanggung jawab untuk urusan ini, memberikan beberapa pilihan untuk dimasukkan dan dijadikan satu dengan konsep yang akan dipresentasikan. Misalnya, untuk pembawa acara, Iweth Ramadhan dengan Rahmah Ummaya, maka, kita harus dapat menyiapkan paling sedikit 2 alternatif lain yang setara dengan mereka berdua. Menyiapkan foto atau rekaman video saat MC sedang membawakan acara, adalah salah satu referensi yang diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi client sebelum memutuskan siapa artist yang akan digunakan jasanya. Biasanya, MC atau Pembawa acara yang sering dirubah atau diberikan usulan pembawa acara lain oleh client. Dan sebelum memutuskan akan menggunakan jasa artist / talent pembawa acara, ada baiknya kita juga melihat tayangan video saat si artist tersebut sedang perform, sekali lagi, khususnya MC.

Venue atau tempat penyelenggaraan acara, juga hal yang penting untuk disiapkan dalam beberapa alternatif, foto dari tempat tersebut detail dengan peta lokasi, ukuran, fasilitas dan tentu saja anggaran. ( at the end, memang anggaran yang jadi penentu bagi client akan menggunakan venue yang mana). Dan sudah tugas kita sebagai event organizer yang baik, untuk memberikan usulan terbaik dengan menyodorkan tidak hanya 1 tempat saja. Barangkali 3 - 4 tempat yang sudah dilengkapi dengan beberapa foto, penjelasan, harga dan hal - hal lainnya. Dengan menyodorkan alternatif, maka, ketika client kebingungan mencari pilihan lain, kita sudah siap dengan bahan - bahan tersebut. Dengan adanya alternatif, maka kita bersama dapat menunjukkan kepada client sebuah komparison dari sekian banyak tempat yang kita usulkan. Compare-nya tentu saja dengan semua aspek baik dan buruk, kelebihan dan kekurangan tiap tempat, dengan demikian, client dapat lebih leluasa memilih tempat setelah melihat perbandingan tersebut.

Karena kita adalah manusia dan tidak luput dari alpa, salah dan lupa, maka, dengan mempresentasikan konsepnya dihadapan rekan - rekan yang lain, diharapkan dapat meminimalisir hal - hal yang tidak diinginkan, atau menjawab pertanyaan yang mungkin saja diajukan client, disamping tentu saja menjadi pengingat / reminder bagi kita, untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi sehingga dapat membantu suksesnya presentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar