Minggu, Januari 17, 2010

Acara Dealer Gathering tematik Spanyol, jadi ...


Dealer Gathering dari beberapa perusahaan yang menjadi client EO memang banyak diadakan di bulan Januari 2010 ini, mungkin lebih pas kalau dibilang awal tahun 2010. Setidaknya ada 3 event dealer gathering yang saat ini sedang on progress atau lebih pasnya sih dalam tahap pitching dan 2 lagi event-nya sudah berlangsung.

Saya merasa jenuh sebenarnya dengan konsep - konsep acara dealer gathering, karena secara content, sudah pasti sama dari tahun ke tahun, hanya saja pengemasannya yang berbeda. Mungkin para dealer yang ikut berpartisipasi dalam ajang annual sales program di perusahaan tempat mereka menjadi dealer, pun merasakan hal yang sama, hadiah yang sama, program yang sama dari tahun ke tahun. 
Makanya, saya agak excited juga ketika Astrindo Senayasa, distributor untuk produk Asus dan Intel beberapa minggu lalu memberikan brief event yang agak menantang, mereka mau bikin gathering dengan konsep Spain atau Spanyol. Secara nuansa, tradisi dan budaya Spanyol yang kaya nilai artistik, kegembiraan dan semangat untuk menjadi pemenang, mungkin terasa masih awam dan hanya singgah dalam imajinasi, karena terus terang, saya belum pernah tuh bikin konsep Spain.


Dan dari research kecil - kecilan, saya menemukan sebuah benang merah yang cukup memiliki korelasi antara Spanyol dan semangat para dealer untuk terus berkompetisi dalam annual sales program mereka. Masalahnya adalah, saya tidak paham sama sekali, kata - kata dalam bahasa spanyol, dan memperkuat tematik, saya harus menggunakan tema yang diambil dari bahasa Spanyol dan memiliki hubungan erat dengan semangat kompetisi. 


Dari sebuah program translation English to Spain akhirnya saya menemukan kalimat yang pas dan cukup representative untuk dijadikan sebagai tema acara. 


Ketika tema sudah ditemukan, content sebagai perwujudan dari tema tersebut juga sudah didapatkan, mulailah masuk ke desain stage. Stage designer handal yang jadi mitra saya, untungnya dapat dengan cepat mengaplikasikan brief yang saya terima ke dalam bentuk stage dan area foyer, sehingga diperlukan waktu sebentar saja, untuk jadi desain keseluruhan, sudah termasuk ilustrasi di foyer akan apa saja aktivitas yang dibuat disana. 


Singkat cerita, proposal konsep acara termasuk dengan budget sudah jadi, dan siap untuk dipresentasikan. Waktunya presentasi nih!


Saya membayangkan presentasi dengan sambutan dan antusiasme yang hangat dan responsif dari clientnya, meskipun pada kenyataannya nggak seperti itu juga ; he...he..he.., ( ini ajaran memainkan mind-set yang bagus, meskipun kadang hasilnya nggak sesuai imajinasi kita... ) 


Dari konsep ada beberapa hal yang dipertanyakan, dan sekilas, saya menangkap ada beberapa hal yang memang tidak cukup kuat mewakili konsep Spanyol, khususnya elemen desain panggung, masih terlalu bergaya meditera nia ketimbang Spanyol, akhirnya ...


Setelah semua direvisi, client hanya meminta materi dikirimkan dalam bentuk soft copy dan hard copy tanpa meminta untuk presentasi ulang, dan itu sudah dilakukan 1 minggu kemudian. 


Setelah itu, saya nggak terlalu mikirin sampai waktunya agak lama dan mendekati tanggal yang direncakan untuk pelaksanaan event tersebut, saya pikir sih tadinya nggak dapat, karena, biasalah, bikin proposal EO begitu saya nothing to lose aja. 


Jadi diam, menunggu, dan nggak jelas,.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar