Selasa, Juli 07, 2009

Dari PRJ : XL dengan limited offer + limited time


Kunjungan saya ke PRJ Jumat yang lalu membuat saya akhirnya ngeh, kenapa headline di Poskota yang sempet saya baca sekilas bahwa, PRJ bukan lagi milik rakyat! Untuk parkir sepeda motor masuk pertama bayar Rp. 5000,- dan tambahan per jam Rp. 2000,- Untuk Mobil 2x lipatnya, dan tiket masuk untuk weekday Rp. 15.000,- dan weekend Rp. 20.000,- Saya melihat sekian ribu orang berduyun - duyun datang, termasuk rombongan anak sekolah liburan dari beberapa kota luar Jakarta yang menggunakan bis pariwisata. Berapa banyak pemasukan JI-Expo dari tiket dan parkir saja? Huh, sulit membayangkannya dengan crowded yang luar biasa itu!

Tapi oke-lah, nggak perlu dikomentari lagi tentang hal itu, toh, meski dengan tiket dan parkir segitu, PRJ toh masih ramai dikunjungi dan bukan mayoritas kelas ekonomi C, kelas B dan B+ plus terlihat ada disana. Saya bersama kompanion saya, langsung masuk dan ikut serta dalam keramaian itu.
Setiap tiket masuk PRJ kita akan mendapatkan 2 tiket, satu berupa magnetic card seperti tiket busway dan satu lagi kertas ukuran A5, yang berisi beragam potongan harga dari vendor yang bekerjasama. Potongan harganya pun bukan lagi menggunakan bahasa sederhana seperti "Diskon 25%" atau Potongan Harga, zaman sudah berubah dan cara PRJ memberikan potongan harga pun dengan menggunakan bahasa yang lebih menarik, seperti ini, "Gratis 3 minuman dengan hanya membayar Rp. 10.000,-" ha..ha..ha..

Dari semua counter / stand / booth di PRJ, yang paling menarik perhatian saya adalah XL. Provider dengan icon Luna Maya itu, berhasil membuat antrian panjang yang luar biasa menutup pintu masuk area indoor. Saya sampai penasaran, menghampiri dan mengikuti sedikit program mereka.
XL membuat strategi limited offer in limited time, ehm, sebuah taktik yang sempet saya dengarkan dari TDW tempo hari. Kalau TDW jual mobil, dia akan buat jadwal dari jam 10 - 11 saja, sekian banyak orang yang sudah pasti berminat untuk membeli mobil tsb akan datang dan akan hadir dengan penawaran terbaik karena waktu yang terbatas.

Begitu pun XL, bundling package dengan product Nexian yang bisa update facebook dan berbentuk nyaris menyerupai Blackberry, yang dijual seharga Rp. 900ribuan saja, dijual hanya 40 unit pada sesi tertentu dan sudah pasti sesi tersebut memiliki waktu yang terbatas.
Apa yang terjadi? Bisa dipastikan antrian panjang orang yang berharap memiliki BB KW 2 ini akan terjadi dan secara tidak langsung akan mengundang orang lain untuk ikut datang walau sebatas penasaran! Well, strategi "jitu" yang dipakai ini sukses meluluhlantakkan provider lain yang berada pada area yang sama, termasuk Axis yang gencar berpromosi dan memiliki area yang lebih luas dari XL. Telkomsel yang biasanya membuat keramaian, berjalan smooth, tidak ada yang istimewa pada saat kunjungan saya tsb. Hanya Indosat yang hadir dengan penawaran istimewa dengan bundling package-nya bersama Blackberry yang saya lihat cukup ramai.

Secara rasional, apa yang dilakukan XL sudah pasti akan menghasilkan antrian panjang, mengingat produk bundling dengan Nexian adalah salah satu hot item yang paling diminati oleh mereka yang ingin punya Blackberry namun dengan kemampuan finansial yang terbatas, dan PRJ adalah tempat dimana komunitas kelas menengah selalu hadir untuk mencari dan memanfaatkan program promosi, yang tentunya menguntungkan buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar