Kamis, Juni 18, 2009

Memanfaatkan moment untuk inspirasi ide kreatif

Ide kreatif khususnya untuk menciptakan konsep bisa memanfaatkan apa saja sebagai trigger, salah satunya adalah moment. Yang lagi hot di tanah air saat ini adalah moment Pesta Demokrasi, Pemilihan Presiden Langsung. Hal ini dibuktikan dengan beberapa TVC produk yang menjadikan moment ini sebagai umbrella, contohnya, kalau sempat lewat Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta, ada sebuah billboard yang terpampang tidak jauh dari hanggar pancoran dari arah pancoran menuju Kuningan, Isuzu Panther menampilkan desain dengan warna dasar merah putih, dengan main content sebuah kalimat pemersatu konsumen, yang intinya "Siapapun Presiden-nya, Mobil kita tetap Panther."

Kalau mau lihat lebih jauh lagi, TVC terbaru dari pelumas Evalube, menampilkan cerita Budi Anduk dan Ari Untung, dimana Budi Anduk sebagai presiden dan Ari Tulang sebagai wakil presiden, walaupun endingnya, terjadi perebutan kekuasaan :) Masih banyak lagi kreatif dengan pemanfaatan pada momentum pemilihan presiden.

Yang cukup inspiratif dan tidak terlupakan, barangkali juga sangat berkesan bagi partisipannya, adalah sebuah event internal yang digagas dan digarap oleh EKI Dance Company, memang waktu itu, adalah event dari komunitas umat Budha, dimana EKI Dance Company adalah salah satu divisi dari komunitas tersebut ( kalau saya salah, tolong diralat ya mas dan mbak yang ada di EKI...) Eventnya saya ikuti dalam kapasitas saya, kala itu, sebagai pengamat dan pewarta, karena, saya masih berprofesi sebagai jurnalis musik di komunitasmusik. Ide-nya mengambil dari pesta demokrasi, dimana sekelompok anak dikumpulkan untuk mengikuti simulasi pemilihan umum, menurut versi mereka sendiri, tapi secara garis besar, struktur-nya mirip proses pemilu.
Mulai dari proses pembentukan partai, kampanye, proses pemilihan hingga penghitungan suara.

Apa yang ada dalam benak anak - anak tersebut? Entahlah, tapi yang jelas, ketika kejujuran mereka dipersatukan dalam sebuah partai - partaian itu, akan terlihat banyak pribadi yang menonjol dengan beragam kelebihannya dan yang terpenting adalah belajar untuk mengungkapkan pendapat sekaligus menerima perbedaan pendapat dengan lapang dada.

Banyak partai dengan nama - nama lucu, sayangnya, saya hanya ingat satu nama, yaitu Pikacu (PartaI KIta CemUa). Proses pemilihan nama ini pun melalui perdebatan yang seru dan panjang. Proses selanjutnya, anak - anak itu diminta untuk membuat atribut kampanye hingga menyampaikan visi dan misi dari tiap partainya.

Sebuah acara yang sangat inspiratif! dan ini merupakan salah satu ide kreatif dengan pemanfaatan moment tadi. Nah, saya sengaja menulis ini, setidaknya untuk sedikit sharing kepada teman - teman yang bergerak dalam industri kreatif, bahwa ide kreatif itu bisa datang dari mana saja, tingkat kejelian kita dalam memandang dengan kacamata yang berbeda yang akan membuat inspirasi jadi bisa dieksplor lebih. Nah, coba kita pikir sejenak, kira - kira, moment apa lagi yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan inspirasi ?

1 komentar:

  1. Sebuah tulisan yang penuh manfaat....
    meski kita tahu sebuah moment akan mendatangkan sesuatu yang lebih kepada kita ketika kita bisa membidik moment itu dari sudut pandang yang berbeda dari orang pada umumnya. namun kita kadang terlambat untuk memulainya sehingga terdahului oleh orang lain. untuk itu kita musti selalu berinovasi dalam berkreasi.

    ok bung salam kenal

    BalasHapus