Minggu, Juni 21, 2009

Tema ok, inspiratif, touching, motivatif dan...


It's very touching! Seorang cucu kabur dari rumah kakeknya, karena merasa bersalah telah merusak jam tangan milik Kakeknya. Ia lalu mengamen di kereta api untuk mencari uang, agar dapat membelikan jam tangan baru untuk kakeknya. Luar biasa! Itu cuplikan dari tayangan program Termehek - mehek, milik station TV yang kerap membuat program edukatif dan inovatif, Trans TV.

Sangat menyentuh! Itu juga merupakan salah satu hal yang bisa menjadi nilai lebih dari tema event yang kita buat. Sisi emosional yang tersentuh, biasanya menghasilkan reaksi dan ingatan yang tidak terlupakan pada sebuah event, bahkan bukan hanya teringat event-nya, tapi juga pesan yang ingin disampaikan dapat masuk ke dalam hati.

Pada ajang awarding yang kini banyak digarap oleh perusahaan sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan dealer atau employee meraih prestasi tertentu, sebuah tema yang menyentuh, inspiratif dan motivatif tentu memegang peranan penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan event tersebut.

Tapi, bukan cuma ajang awarding saja yang memerlukan tematik yang menyentuh, pada perhelatan yang digelar untuk kepentingan promosi bahkan juga selling, pemilihan tema yang menusuk ke dalam emosi costumer, cenderung akan meraih sukses ketimbang tematik yang umum. Dari pengalaman pribadi saya membuat tema event untuk kepentingan promo dan selling, tematik yang menyentuh tadi bisa dibuat dengan eksplorasi yang dalam pada pengetahuan produk / product knowledge. Tema tersebut, biasanya, karena menyentuh sisi emosional, akhirnya melahirkan pemikiran bahwa produk yang sedang dipromosikan adalah sebuah kebutuhan, atau singkatnya, tematik akhirnya melahirkan kebutuhan baru bagi costumer yang menjadi keharusan untuk dibeli.

Contohnya, ehm, let's say, sebuah produk perawatan kebersihan bayi, kita sebut saja, brand A, dengan produk mulai dari baby soap, baby powder, dll. Dari ekslorasi produk knowledge dengan melihat seluruh katalog produknya, misalnya kita temukan keyword "merawat dengan sepenuh hati", kira - kira apa ya tema yang menarik, menyentuh sisi emosional dan bisa juga melahirkan kebutuhan baru? atau bisa juga membuat calon pembeli switching dari brand lain ke brand A....

Anda tidak perlu mengikuti cara saya, tapi mungkin bisa membantu juga, selain braindstorming, saya biasanya juga menuliskan beberapa alternatif tema dalam sebuah sheet excell, saya lalu membuat beberapa tema, hingga akhirnya diperkecil dan dipilih satu tema yang paling pas. Coba dipikir - pikir dulu ya teman - teman....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar