Sabtu, Mei 09, 2009

Part 3 dari cerita persiapan event

Dari brief yang telah cukup jelas itu, sebenarnya sudah terbayang saya mau bikin apa, khususnya dalam rangkaian permainan simulasi bisnis-nya. Cuma, karena pengetahuan kita tentang Dana Pensiun terbatas pada pengetahuan tentang pensiun ala PNS, dan takut salah juga sih bos! akhirnya kita break dulu sebentar untuk nggak mikirin.. nah lho?! KOq begitu?! Ya..ya..ya, biarin pikirannya mengendap dulu sebentar dan masuk dalam alam bawah sadar kita...wah koq kesannya malah jadi mistis ya?

he..he..he... Iya ini merupakan hasil pengalaman saya, biasanya kalau kita pikirin terus memang ketemu tuh, tapi kadang otak kita juga udah overload dengan pikiran yang lain, makanya biar istirahat dulu aja. Kalau dulu sih, saya biasanya mengendapkan pikiran dengan duduk bengong di pinggir jalan, ngeliat kendaraan yang lewat atau juga jalan - jalan. Tapi untuk kali ini, saya cuekin aja dulu deh.

Sehari menjelang deadline untuk mempresentasikan, saya akhirnya dapat benang merahnya. Back to brief, pada dasarnya client ingin meng-encourage pic hrd untuk bekerja lebih optimal, akhirnya saya buat permainan yang benar - benar mensimulasikan proses bisnis tadi dengan menggunakan pendekatan sejahtera dan bersama. Awalnya saya buat dalam tema berbahasa sunda dengan pertimbangan acara ini di Bogor dan juga acara malam hari-nya akan bernuansa sunda, termasuk dengan dress code-nya. Kalau di bahasa Indonesia tema sunda tadi bermakna Kesejahteraan dengan bergotong royong. hmmm, nggak ear cacthing denger tema begitu kalau di bahasa Indonesia, tapi kalau di bahasa sunda, kesannya keren gitu... he..he..he.

Dan usai presentasi, secara general, permainannya kata cient sudah cukup ok, sayangnya secara tematik, mereka kurang suka. Dan pada posisi client dimana saya mempresentasikan hal ini, mereka bukan orang - orang yang dengan kewenangannya dapat memutuskan mengenai apa yang saya presentasikan. Akhirnya, saya pulang dan menunggu kabar selanjutnya dari mereka. Ternyata, apa yang saya presentasikan baru mewakili satu sisi pada proses bisnis mereka, yaitu pengelolaan dana, disana belum terwakili mengenai proses awal saat peserta menyetorkan dana, saat PIC HRD membuat laporan bulanan dan memberikannya ke DPA, Point-nya adalah : REVISI! Pengembangan yang lebih luas dari game tersebut, termasuk proses bisnis dari peran - peran yang ada di DPA, mulai dari peran peserta - PIC HRD sampai ke DPA itu sendiri dan hasil akhir dari sebuah proses pengelolaan dana pensiun.

What else? ga tau nih, awalnya saya merasa bingung untuk menterjemahkan kemauan mereka, tapi setelah saya pikir - pikir, ya ada benarnya juga sih, apa yang saya tampilkan masih terlalu prematur untuk bisa dibilang mewakili simulasi bisnis mereka. Saya coba kembangkan lagi pelan - pelan, Eits, saya lupa, teman2 juga belum tahu kan permainan seperti apa yang saya presentasikan? Hi..hi..hi, tulisan saya jadi sama saja dengan cerita proses ya? iya..proses bikin konsep, presentasi, terus tunggu kabar dari client, terus suruh revisi, tapi apa yang dipresentasiin ? mana belajar bikin konsep-nya ? Ha..ha..ha, saya lupa nih, tapi nggak apa - apa, untuk teman2 yang masih baru di dunia EO, biar tahu juga prosesnya ya...

Dan So..so sorry karena malam ini, saya harus menghadiri undangan pernikahan Sahabat Lama dan juga mantan anak band, dimana dulu, saya sempet jadi manager mereka, Drian, bassist-na Jun Fan Gung Foo, sabtu, 9 Mei 2009 melangsungkan pernikahannya, jadi saya jalan dulu bentar, ntar dari sana, saya lanjut lagi.. kali ini dengan belajar bikin konsep dari brief yang sudah dibahas sebelumnya yaks...okay ? <Yudhi Megananda signing off!>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar