Rabu, Desember 17, 2008

Kekalahan di awal inovasi...

Waduh, judulnya sih terkesan berat ya! :) Tapi ini cerita yang lain mengenai betapa bersemangatnya saya untuk sebuah inovasi, ya...setidaknya ini inovasi untuk saya pribadi sebagai creative conceptor, yang meskipun kalau dilihat dari kacamata umum, ini mungkin bukan inovasi, oke, saya mulai cerita...

Bersama X-Set yang dikomandani Mas Parman, baru saja saya mengikuti Pitching untuk Entertainment Indoor Program Sampoerna Hijau Voli Pro Liga 2009. Pada saat proses briefing, seluruh EO bertemu guna mendengarkan secara langsung paparan keinginan brand manager untuk entertainment activites guna mendukung kompetisi voli terbesar dan bergengsi tersebut di tanah air. Di situ, ada 5 EO yang diundang, X-set, Matari, Mahaka, Republic dan Bandera.

Tema besar program SAH Proliga tahun 2009 ini adalah "Masih Gila Voli" yang diterjemahkan dalam bahasa gambar dengan sebuah cerita konyol tentang orang yang secara reflek melakukan digging pada sebuah duren yang "meloncat" dari truck, basicly simple, menganalogikan benda-benda yang bentuknya bulat sebagai bola voli karena tergila2nya tuh! Dari paparan itu sih, sebenarnya sudah kebayang mau buat apa, tapi masih general dan biasa banget! Ini perlu eksplorasi dan braindstorming yang lama, dalam dan harus nyeleneh....

Singkatnya, udah ketemu nih mau bikin apa aja, setelah mikir di kantor nggak nemu, akhirnya kita boyongan rame2, meeting di foodcourtnya Electronic city sambil ngopi dan ngerokok, kita buat detail, opening kegiatannya begini begini begini, closing begini...begini... ketika waktunya untuk menuliskan di powerpoint, koq saya jadi kesulitan memvisualisasikan seluruh aktivitas yang detail dengan kata - kata, wah...udah nggak bisa lagi nih kalau cuma kata - kata dan effect transisi yang biasa dari powerpoint, harus sesuatu yang lebih ... ehmm..apa ya, lebih hidup....

Ok, deadlock.. saya nggak bisa nulis di power point, hanya berikan beberapa intro di halaman power point! saya pergi jalan - jalan ke semanggi plaza, iseng2 ke gramedia, uugh...kalau abis dari gramedia, kepala jadi pusing! terlalu banyak buku yang memancing ide - ide nakal untuk mencoba beragam kegiatan seru! Akhirnya saya jalan ke bawah, berhenti sebentar untuk menyeruput nikmatnya kopi hitam, sambil menerawang melihat pelataran jalan yang saban sore selalu macet.

Adi Subagya, seorang profesional trainer, yang saya kenal saat memberikan pelatihan OHSAS, tiba - tiba hadir di pikiran saya, entahlah dari mana dia datang, saya ingat kami pernah email2an tentang sebuah program workshop yang dia buat mengenai advance presentation tools, bahkan waktu itu dia mau memberikan copyan software dari pelatihan tersebut, intinya, di workshop itu ia memberikan pelatihan untuk membuat presentasi multimedia yang ok banget! dari situ pikiran saya terbuka,

" saya akan buat materi presentasi, dengan gambar2, layaknya story board, diiringi dengan audio berupa music dan effect yang mendukung" Saya ingat juga Kamal, staff di kantor yang pemalu itu pernah bercerita mengenai temannya yang jago bikin komik, 60 gambar ludes dibuat dalam 1 hari, saya telp dia dan mengatur janji untuk bertemu dengan temannya guna membantu saya mewujudkan materi presentasi ini.

Piyu, temannya kamal ini akhirnya membantu saya membuatkan sketsa seperti cerita dalam konsep yang saya buat, saya arahkan dan dibuat olehnya dengan detail, mulai dari saat opening akan ada multimedia dan seterusnya, opening mascot keluar dengan properti pesawat terbang, dan seterusnya, pokoknya, cuma ngeliat gambarnya aja, udah kebayang apa yang akan terjadi di tempat pelaksanaan acara nanti. Udah, akhirnya saya input semua gambar ke dalam slide power point, audio baik musik dan sound effect saya pilihkan, animasi dibuat, preview berulang, coba latihan presentasi di depan team dan overall semuanya ok.

Tiba waktu presentasi... mengutip kata - kata penyemangat dari Napoleon, "What your mind can conceive, you can achieve!" saya benar - benar terbakar saat presentasi! saya ceritakan sedetail mungkin seluruh prosesi yang terjadi, saya bangun suasana seolah mereka dalam GOR tempat acara berlangsung, sesekali saya berusaha jadi MC yang memandu acara, kadang, saya mewakili sosok mascot, kadang saya jadi penonton, pada bengong tuh orang - orang! Mas Parman yang hari itu kelihatan ngantuk berat, nggak berubah juga sih, tetap ngantuk juga tapi kelihatan concern, dibantu Joko yang tek-tok menimpali apa yang saya ungkapkan, jadilah presentasi itu sebagai presentasi terbaik yang pernah saya lakukan... Bagi saya pribadi konsep presentasi dengan story board dan dukungan multimedia serta paparan kegiatan, adalah inovasi yang akan saya terus kembangkan nantinya. Oke, end of presentation, any question ?

Beberapa pertanyaan diajukan, beberapa dijawab dengan cukup baik oleh Joko, juga oleh saya. Next we talking about budget...
Tiba pada pertanyaan budget, well, anggaran yang kita berikan memang cukup jauh dari limit anggaran yang sudah mereka sebutkan, tapi tidak ada sedikitpun pertanyaan tentang itu. Baiklah bapak / ibu, terimakasih atas kesempatannya dan bla..bla..bla..

Kita pulang dan menunggu hasilnya.... H2C nih....
nanti disambung lagi ya.... saya kerja dulu, hari ini sedang mempersiapkan untuk 21 Desember 2008 di Gedung Arsip, hari yang santai sih sebenarnya, cuma ya gitu deh, ketemu client yang ibu - ibu dan agak perfeksionis, jadi harus extra attention.. oke...

1 komentar:

  1. mas, saya rudi ingin mengetahui email atau no telp bpk adi subagya apakah bisa? terima kasih. mohon pm ke email lembaga.pembiayaanATgmaildotcom

    BalasHapus