Jumat, November 07, 2008

The Week of Presentation

Tidak kurang 8 presentasi dalam 5 hari kerja di minggu ini, ough! minggu yang melelahkan. Kesemuanya memang belum mengindikasikan project, tapi, inilah bagian dari proses kerja EO. Jadi, jangan membayangkan kerjaan eo sebatas organizing event, tanpa proses panjang sebelumnya.

Bicara soal presentasi, mungkin untuk anda yang berkecimpung dalam dunia EO sudah paham mengenai hal tersebut. Tapi, saya juga ingin share dengan rekan2 non eo yang tertarik mendalami profesi ini. Berikut adalah beberapa jenis presentasi yang sering dilakukan oleh EO ;
Presentasi Perkenalan,
Sesuai namanya, ini adalah saat dimana EO memperkenalkan diri dengan mempresentasikan company profile serta show & event references-nya. Kenapa perlu presentasi perkenalan, bukankah melalui telephone dan mengirimkan compro format cetak untuk kemudian ditinggal ke client juga sudah cukup? hmmm, EO adalah usaha dalam bidang jasa pelayanan, pendekatan secara personal dan direct akan lebih berkesan, dan kesan tersebut akan terbawa ketika perusahaan client berencana untuk mengadakan event, sehingga kemungkinan anda untuk diundang akan jauh lebih besar. Apalagi, kalau anda dapat memaintain relationship dengan client dan menjadikan mereka sebagai teman.
Sesekali ajak lunch bareng, atau hangout bareng sesuai dengan hobbynya. Saya ingat, rekan marketing, Mas Bambang, yang kerap melakukan hal itu, ini success story dia menurut saya, pernah satu kali, ia mendapat client sebuah group leasing otomotif yang cukup besar, awalnya ia hanya kenal di 1 divisi saja, namun karena proses pendekatannya lebih dari hubungan client, ia juga kenal dengan kepala divisi yang lain, kepala cabang dan beberapa karyawan lain pada posisi yang strategis. 2-3 tahun kemudian, banyak diantara kepala divisi, kepala cabang dan karyawan tersebut yang pindah kerja ke tempat lain, ajaib! Mereka menghubungi mas Bambang untuk minta digarap eventnya. Perpindahan orang-orang tersebut ke perusahaan yang memiliki line business sama dengan perusahaan sebelumnya, menjadikan program marketing yang dijalankan tidak jauh berbeda. Bambang sudah sedemikian rupa membangun citra diri kepada orang-orang tersebut, bawa eo identik denan dirinya.
Minggu ini berapa presentasi perkenalan saya? hmmm, hampir tidak ada, karena sedang sibuk untuk presentasi konsep acara, beberapa diantaranya menunjukkan progress positif.
Presentasi Konsep,
Ini saat EO untuk mempresentasikan idenya dalam menggarap event, ide yang dipresentasikan biasanya merupakan implementasi dari brief yang sebelumnya sudah diberikan oleh client. Dalam proses presentasi, inila saat anda untuk meyakinkan client bawa konsep yang anda buat merupakan masterpiece bagi mereka, disamping inline dengan objective yang diharapkan oleh client. Akan lebih berkesan lagi, apabila konsep yang anda ajukan memiliki value added, misalnya, anda adalah pioneer-nya, atau konsep belum pernah diajukan bahkan belum pernah ditampilkan. Syukur – syukur anda juga didukung dengan kemampuan teknis produksi, sehingga saat mereka bertanya teknis misalnya ukuran panggung, ukuran venue, lighting yan cocok untuk keperluan acara ini apa, atau lain sebagainya.
Saya paling menantikan saat ini! Anda tahu, bila mempresentasikan konsep yang saya buat, saya berusaha membuat mereka yakin, nada bicara saya mendadak lantang, mata saya berbinar- binar, kadang tangan saya sambil menunjuk, bakan saya memposisikan diri juga sebagai host di acara tersebut.
Saya berusaha untuk membuat getaran dalam diri client untuk ikut masuk dalam emosi di acara itu, saya berusaha menggambarkan dengan detail, apa yang akan terjadi di panggung saat opening, apakah funfare + voice over saja, atau ada opening act, lalu, bagaimana saat proses launching produk, dari arah mana lighting akan menembakkan caayanya, apakah ada musik yang mewah, dinamis yang menemani prosesi. Kadang, karena terlalu antusias, saya sampai berkeringat di ruangan AC.
Saya ingin menggambarkan kepada anda, bahwa inilah saat dimana anda harus mencurahkan segenap usaha dan kemampuan terbaik anda, untuk menjelaskan, mendeskripsikan, memperlihatkan dan membawa emosi client pada konsep acara yang anda buat.
Biarkan mereka masuk dalam acara anda, menjadi bagian dari audiens yang terperangah menyaksikan acara, baru duduk tapi tanpa terasa acara sudah usai dan pulang dengan setumpuk kesan yang tak terlupakan.

1 komentar:

  1. Mas Yudhi mnarik sekali yang ada bahas di blog ini...the week of presentation menunjukkan betapa kerasnya anda berusaha untuk mendapatkan project salut untuk mas Yudhi....
    Tapi ada beberapa teman saya yang mendekati beberapa agency advertising yang tentunya punya team activation sendiri...nah teman saya itu memiliki EO kecil dan kebetulan sempat presentasi mengenai company profile Eo tersebut kepada Agency A, waktu berjalan tiba-tiba datanglah project sub dari Agency A tersebut yang pegang project Brand cukup ternama...jadilah project dikerjakan teman saya dengan budget yang ditawar terus tentunya :)....akhir kata ...sukses...dan berlanjut sampai saat ini EO tersebut hanya sibuk mengerjakan project2 dari Agency A tersebut....bagaimana pendapat Mas Yudhi tentang hal ini....

    BalasHapus