Rabu, November 26, 2008

Desember – January 2008 : HIGH SEASON ORANG EO ?

High season, ternyata bukan istilah yang digunakan hanya oleh komunitas bisnis tour & travel saja, hampir semua bisnis, memiliki high season, yaitu season dimana order penjualan mencapai rekor tertingginya, karena ada high, pasti juga ada low season, pengertiannya ya sebaliknya.

November – Desember – Januari, hmmm, ini barangkali high season untuk bisnis EO. Kenapa? Coba lihat kalender keagamaan dan ritual tahunan yang sudah jadi tradisi di Indonesia bahkan di dunia sekalipun. Ditambah, ada juga ritual tahunan dari beberapa corporate ( yang ini, saya lihat, hampir memiliki pola yang sama dari beberapa corporate ), misalnya, akhir tahun ditutup dengan kegiatan Employee Gathering, ada juga rapat umum pemegang saham, rapat tahunan evaluasi & rencana program kerja perusahaan, dan lain sebagainya. Ritual tahunan yang sudah jadi tradisi, Christmas, New Year Celebration dll.

Jadi, siapkah EO anda dengan amunisi yang cukup? Setidaknya untuk memikirkan bentuk kreatif dari event yang akan dibuat, dan tentu saja, amunisi yang kedua dan yang penting adalah ”DANA.” Sorry bos, ini bukan Dana Iswara lho  Ini soal permodalan, sudah siap menghadapi High Season ini dengan modal yang cukup ? Apalagi ada beberapa corporate yang menggunakan termin agak ”ajaib” 10% DP – 90% Pelunasan, bahkan ada juga yang enggan kasih down payment, ngatur cashflow-nya agak ribet aja bos...
Kalau belum siap ? Hmmm, agak sulit tuh, apalagi dengan kondisi perekonomian belakangan ini yang makin sulit, banyak investor yang merasa ragu dan skeptis, untuk berinvestasi pada project event. Padahal ini waktunya high season lho ! Kalau anda sudah terlalu lama pada beberapa bulan di tahun 2008 ini merasakan nggak enaknya low season, harusnya anda sudah siap menyambut datangnya high season karena kondisi cashflow anda datar saja pada low season dan investment on project juga kecil, harusnya anda sudah menyiapkan cadangan dana untuk menghadapi huge project on this high season. Atau mungkin karena terlalu egois menyiapkan berbagai perangkat, merapikan management di dalam, menambah beberapa orang, sehingga tidak mempedulikan cashflow alias pengelolaan cashflow yang berantakan, atau mungkin karena ada pembayaran client yang tertunda? Hmm, its too bad! Ini waktunya kita meraih profit sebanyak mungkin di high season, Desember...apalagi tahun baru nih!

Alhamdullilah, di akhir November ini, sudah ada 3 project yang konfirm di Desember dan 2 to be advised ( sedang otw menuju final revised ). Dua lini bisnis yang saat ini saya jalankan, yaitu profesi EO dan small corporate bernama Exist, yang menangani kebutuhan photo, video dan multimedia berarti juga sudah confirm dapat pekerjaan.
Memang sih, kaitannya dengan pendanaan (karena it’s a huge project!) masih dibantu pihak ketiga, tapi ini murni bisnis, saya senang – dia juga senang! Yach...Win – win solution lah.
Jadi, high season ini, alhamdullilah momentum-nya bisa terjaga dengan baik, dan semoga terus begitu ya... oh iya momentum juga EO lho  salam kenal deh buat teman2 di Momentum!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar