Rabu, Oktober 22, 2008

Dari Mana Datangnya Ide ?

What Your Mind Can Conceive,
You Can Achieve!
Kalimat dari Napoleon yang pernah saya baca dari salah satu buku motivasi buah karya Motivator dan Success Coach no. 1 di Indonesia ini, selalu menjadi landasan pada pola berpikir saya. Begitu dasyhat-nya kekuatan pikiran! Apalagi dalam bisnis menjual ide, pikiran adalah aset utamanya, bukan setumpuk uang atau kantor berfasilitas terkini. Begitu pula dalam Event Organizer, meski secara harfiah berarti mengorganisasikan acara, namun, barang dagangan utamanya, sebenarnya adalah ide, yang tertuang dalam sebuah konsep event hingga akhirnya berhasil dieksekusi dengan baik.
Celakanya, ide tidak lahir begitu saja, meski kadang merupakan pembaharuan dari yang pernah ada, ia perlu dirangsang dengan pemikiran yang simultan, hingga terpendam dan kemudian muncul tiba - tiba. Pemikiran pada satu topik yang terus menerus diulang, mengakibatkan otak bekerja secara otomatis untuk mencari jawabannya. Makin sering dirangsang, maka makin banyak ide yang dapat keluar. Ia juga tidak dapat dipaksakan, meski kini banyak creative concept sebuah event yang dibuat terburu - buru karena deadline yang mepet.

Dulu, saya sering sekali memaksa otak untuk memikirkan konsep event yang akan dibuat dalam waktu singkat, meskipun kadang, ia bekerja tidak maksimal, apa mau dikata, deadline kadang tidak bisa ditunda.

Saat mencari inspirasi, biasanya saya mencari referensi, atau kadang duduk berlama - lama di halte, pinggir jalan, melihat lalu lalang kendaraan. Tapi, setelah membaca buku Manajemen Waktu oleh Alan Laiken, kalau sudah buntu, saya tidur, lho? Iya! ternyata tidur pun otak kita bekerja untuk memikirkan hal yang kita endapkan sebelum tidur. 4 - 5 jam tidur, membuat otak kira secara simultan bekerja untuk mencari jawaban atas masalah yang sedang kita pikirkan.

Saya ingat waktu harus membuat konsep event peluncuran produk kesehatan, brief client (1) Peluncuran produk baru dengan aktivitas Roadshow mall to mall, (2) Memprovokasi target market untuk merubah pola hidup agar lebih sehat, (3) Talent scouting untuk icon produk tersebut.
Secara umum, brief yang diberikan, terlihat cukup mudah, tapi, mencari tema dan impementasinya yang sesuai dengan tujuan diadakannya event, susah! Entahlah, karena memang load kerjaan sedang full kalau itu, atau memang sedang tidak mood. Seharian di kantor hanya memikirkan dan berusaha mencari inspirasi untuk hal tersebut, tak cukup juga, sampai saya membawanya pulang. Di rumah, saya nyalakan laptop, main game, membuat schedule, tidak lama, saya putuskan untuk tidur karena mata sudah tidak bisa lagi diajak kompromi.

Ajaib! Pagi - pagi, usai sholat subuh, mendadak ada yang menggerakkan saya untuk menyalakan laptop, membuka notepad dan menulis basic idea dari konsep tersebut. Semuanya berjalan otomatis! Seolah saya ini mesin yang sedang digerakkan oleh remote control, lancar sekali!
Ini karena efek tidur yang cukup, membuat otak bekerja maksimal, bahkan saat kita sedang istirahat. Plus, ini juga anugerah dari Yang Maha Kuasa!
Kejadian seperti ini bukan sekali dua kali saya alami, meskipun kadang saat diharapkan usai bangun tidur, tidak datang juga.

Inspirasi yang melahirkan ide pun, kadang datang secara tiba - tiba dalam aktivitas lain. Yang paling sering, saat pagi hari di kamar mandi, wah, kalau yang ini, sudah puluhan kali diimplementasikan dalam konsep event dan kebanyakan berhasil dipresentasikan dan diterima dengan baik oleh client.
Yang lain, biasanya datang saat sedang berkendara, iseng - iseng di power point mengetikkan satu kata, shift + F7 untuk mencari sinonim, buka file presentasi yang sudah dibuat, ngobrol dengan anak - anak, diskusi dengan anggota milis, baca koran, tabloid, majalah, buku, atau lihat TV cable, film, bahkan lihat acara gosip atau sinetron! Sebuat program pemetaan pikiran seperti Midnjet, Mindmap, Mind Manager, atau yang lainnya, juga cukup membantu menggali inspirasi.
Tapi, kalau semua ini ternyata nggak berhasil juga, berarti memang kita harus rehat, membiarkan kepala kosong tanpa memikirkan hal yang sedang kita fokuskan, melakukan sesuatu yang menjadi kesenangan kita, atau balik lagi ke kamar, nyalain AC dan tidur! :)

Berpikir adalah proses yang luar biasa indah, meskipun kita tidak dapat melihat langsung, namun proses ini adalah sebuah sistematis yang telah disusun sedemikian rupa oleh Tuhan, menjadikan kita berbeda dengan makhluk lainnya. Sayangnya, tidak semua orang memanfaatkan dengan maksimal pikirannya dengan membiarkan otak bekerja pada rutinitas pemikiran sederhana.

Dan karena pikiran melahirkan ide - ide briliant,
Dan karena ide biasanya kurang ajar,
dengan datang dan pergi tanpa permisi,
saya kini sudah melakukan, dan saya sarankan juga untuk anda, untuk punya buku saku dilengkapi dengan pena kecil untuk mencatat semua ide yang datang, karena anda tidak pernah tahu kapan diperlukan, tapi yang pasti, dengan memiliki buku “Hot Idea” seperti itu, anda punya banyak alternatif ketika harus menciptakan sesuatu. (ymn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar