Selasa, September 02, 2008

Supaya EO nggak sepi order di bulan Ramadhan

Event Organizer atau biasa disingkat EO adalah sebuah bidang usaha jasa yang secara resmi mendapat penunjukan dari client untuk mempersiapkan, mengorganisasikan dan mengeksekusi jalannya event, sehingga dapat berlangsung dengan baik dan membantu client dalam memenuhi tujuan yang diinginkan dengan membuat acara tersebut.

Seiring dengan datangnya bulan suci Ramadhan, tidak sedikit EO yang untuk sementara menganggur karena sepi order. Karena seperti kita ketahui, kebanyakan client dari EO, mengurangi bahkan meniadakan acara, boleh jadi karena anggaran perusahaan dari client EO dialokasikan untuk kepentingan internal perusahaan, seperti kewajiban membayar Tunjangan Hari Raya, mengirimkan bingkisan ke rekanan / client dan lain sebagainya.

Namun, ada juga EO yang pada bulan Ramadhan justru sedang dalam high-season, nah, untuk EO yang sepi order selama bulan Ramadhan ini, di bawah ini adalah kiat – kiat yang mungkin bisa membantu agar bulan Ramadhan ini disamping diisi dengan kegiatan ibadah juga tetap melakukan aktifitas yang bisa menambah keuntungan usaha EO, kiat ini juga berisikan langkah – langkah yang harus disiapkan oleh EO sebelum datangnya bulan Ramadhan, agar momentum Ramadhan dapat dijadikan sebagai bagian dari project yang akhirnya menambah income perusahaan EO anda,

  1. Kalau Ramadhan tahun ini, EO anda sepi order, its ok!

    1. Tetap semangat! Jangan turunkan intensitas pekerjaan memprospek atau mem-follow – up project on progress.

    2. Setelah Ramadhan usai nanti, akan banyak event yang digelar oleh perusahaan yang menjadi client / prospect client anda selama ini.

    3. Pun, akan banyak momentum yang bisa dimanfaatkan untuk membuat creative event yang akhirnya bisa anda jual ke client.

      1. Contoh, setelah Ramadhan usai, ditutup dengan perayaan Idul Fitri, tidak lama berselang akan datang Hari Natal, hampir seluruh mall dan pusat perbelanjaan membuat program perayaan Natal, atau paling minim membuat dekorasi bernuansa Natal. Anda bisa mulai melakukan pendataan terhadap Mall atau pusat perbelanjaan yang sekiranya bisa di prospek. Mungkin belum terlambat, dan tidak salah juga kalau terlambat, paling jelek, ya anda nggak dapat project dari mall tersebut, tapi lihat sisi positifnya bahwa anda bisa berkenalan dengan mereka, dan siapa tahu, ketika Mall tersebut membutuhkan jasa EO, ataupun tenant dari mall membutuhkan jasa EO, EO anda bisa direkomendasikan.

      2. Contoh lain, masih terkait dengan Natal, banyak Lembaga Pemerintahan, Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta Nasional, Yayasan bahkan Lembaga Pendidikan menyelenggarakan Natal bersama. Ini juga bisa anda garap kan ?

      3. Peluang berikutnya adalah momentum Tahun Baru, ide creative apa yang bisa anda jual ke client ? Mungkin sebuah perayaan tahun baru yang besar – besaran di Selat Sunda, menyewa 1 kapal pesiar besar untuk dijadikan venue perayaan tahun baru? ( bentuk creative yang berbeda, bisa diambil dari beberapa angle, salah satunya adalah Venue yang unik ). Atau, luangkan waktu sebentar, anda jalan – jalan ke Singapore atau Hongkong, kira2 aksi entertainment seperti apa yang bisa dijual untuk menjadi point of interest perayaan tahun baru anda, kalau nggak punya cukup uang ke SIN atau HKG, browsing di internet. Ingat nggak, bulan Agustus kemarin ada 13,000 tembakan kembang api dalam event Gebyar Kemerdekaan Musical Fireworks yang diadakan di Gading Serpong, itu kembang api, dibawa dari Singapore.

      4. Kalau EO anda didukung oleh investor yang duitnya banyak, coba cek daftar kunjungan artist mancanegara di situs pollstar.com, cari yang 2 atau 3 hari sebelum perayaan tahun baru mereka perform di area Asia atau setidaknya Asia Tenggara, jadi lebih murah tuh dapat harganya, eeh, lupa, kan tahun baru ya, pasti 2 x lipat juga 

    4. Riset event Ramadhan agar Ramadhan tahun depan, anda bisa punya project.

      1. Nah, ini juga bagian yang nggak kalah penting dari yang diatas. Untuk mensiasati supaya Ramadhan tahun depan anda nggak kehilangan peluang, coba untuk survey ke beberapa tempat dimana acara Ramadhan diadakan, bisa di mall / pusat perbelanjaan, bisa juga dengan datang ke Bazaar Ramadhan, tahun depan anda pun bisa mengadakan bazaar ramadhan dengan konsep dan program yang bisa jadi lebih bagus dari tahun ini. Atau,

      2. Event buka puasa bersama, anda datang ke beberapa acara berbuka puasa bersama yang diadakan oleh banyak perusahaan. Ada yang besar, ada pula yang kecil, anda bisa lihat di beberapa ballroom hotel, ada perusahaan besar yang mengadakan acara buka puasa bersama. Saya ingat, beberapa tahun lalu, saya dapat pekerjaan untuk mengorganisir event Permatabank Town hall meeting, sebenarnya ini adalah acara internal perusahaan yang diadakan untuk mensosialisasikan Visi dan Misi baru dari Permatabank, tapi karena moment-nya bulan Ramadhan, jadinya, ya sekalian buka puasa bersama.

      3. Pekerjaan dengan nominal besar pada Ramadhan adalah mengorganisir acara mudik bareng atau pembukaan Posko mudik. Anda bisa lihat, tahun ini, perusahaan mana saja yang mengadakan mudik bareng, nah, lakukan pendataan, dan usai Ramadhan hubungi perusahaan – perusahaan yang mengadakan acara mudik bareng, untuk mengenalkan EO anda ke mereka, Kalau nggak, anda lihat bagaimana teknis mekanisme dan flow dari mudik yang di organisir oleh EO yang dipercaya mengurus mudik bareng tadi, anda contek, lalu anda modifikasi yang menurut anda lebih bagus. Tahun depan, beberapa bulan sebelum mudik, buat proposal pengajuan mudik bareng, ke perusahaan yang tahun ini mengadakan acara mudik, atau perusahaan yang sekiranya potensial untuk mengadakan acara mudik bareng.

      4. Tahun demi tahun kreativitas EO terus berkembang, yang saya lihat di tahun ini, ada 2 penyelenggaraan konser ramadhan, dilangsungkan malam hari, biasanya dimulai usai sholat Taraweh. Jadi bukan hal yang tabu juga buat event di bulan Ramadhan, asal konsepnya masih berkenaan dengan bulan suci ini.

Nah, kira – kira, itulah beberapa kiat bagi event organizer menghadapi bulan suci Ramadhan ini, semoga bisa memberi masukan agar ke depannya EO anda akan makin maju lagi, dan insya allah bulan Ramadhan tahun depan, EO nggak lagi sepi order  Ada yang mau nambahin ?



1 komentar:

  1. mas,,,info bagus bgt,,,thanks ya mas,,,btw sering2 mas,,,,meskipun aku masi diproduksi..tapi aku lagi konsen pengen ke JR CONSEPT,,,Ajarin dong mas,,,,,
    btw klo ada vendor murah,,,bagus,,bisa diajakin sangkuriangan,,ma bisa tempo byarnya,,,,share juga dong,,,,,,

    thanks ya mas

    BalasHapus