Selasa, September 16, 2008

EO Lokal kurang dipercaya?


Beberapa milis EO yang saya ikuti di yahoogroups, belakangan, makin membuat indikasi, bahwa EO lokal sering sekali diperlukan untuk membantu menggarap event client EO Jakarta. Indikasi ini terlihat dari beberapa postingan yang menanyakan mengenai EO lokal untuk kota - kota besar selain Jakarta, seperti Medan, Padang, Palembang, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Bali dan Makassar. EO lokal dalam hal ini, biasanya berperan sebagai eksekutor atas konsep yang telah dibuat oleh EO yang mendapat pekerjaan langsung dari client-nya, istilahnya di sub-con, singkatan dari Sub-Kontraktor.

Sayangnya, tidak semua EO lokal cukup dikenal baik oleh EO Jakarta, khususnya menyangkut kapabilitas mereka dalam menjalankan tugasnya nanti, secara singkat, EO Jakarta tidak banyak mengetahui mengenai portfolio dari EO lokal yang menawarkan diri untuk menjadi eksekutor. Sebuah pertaruhan bagi EO yang mendapat pekerjaan langsung dari clientnya, dengan mempercayakan begitu saja. Ini masalah tanggung jawab dan citra EO tersebut di hadapan client. Kemarin saja, saya mendapat telpon dari salah seorang teman, yang bekerja di sebuah EO besar di Jakarta, yang menanyakan kapabilitas dari EO lokal di Palembang. Tampaknya kesan meragukan atau kurang percaya pada EO lokal cukup besar. Ada juga rekan dari management artist yang sempat posting di milis EO, rencananya ia akan mengadakan roadshow di beberapa kota besar Indonesia dan melalui postingan itu, ia mengundang EO yang ingin menjadi patner. Tidak sedikit yang menanggapi dengan langsung menyatakan, " Ok, bos! untuk di Bandung bisa menghubungi ..., Wah, kalau di Surabaya, EO kita jagoannya..., dan lain sebagainya. Tapi setelah dijelaskan mekanisme kerjasamanya, EO tersebut mendadak melempem. Emang gimana mekanisme-nya? Sederhana sebenarnya, Management artist tersebut bermaksud akan mengadakan roadshow, meminta ada EO yang menggarap jalannya acara, sekaligus juga diawali ikut membantu dalam pencarian sponsor. It's a gambling anyway, tapi bukankah dalam setiap gambling selalu ada the winner and the looser! mungkin bukan the looser kali ya, karena kalau di kamus saya, nggak ada kata gagal atau kalah, yang ada hanya sukses atau belajar! It's mean dengan berusaha memenuhi requirement dari management artist tadi, kalaupun sudah dicoba dan gagal, banyak pelajaran yang didapat, jadi kenal banyak orang - orang penting yang mewakili beragam brand product dan potensial untuk dijadikan client, jadi tahu mekanisme sponsorship bagi beberapa brand product tadi. Saya pikir, ini masalah yang cukup mendasar bagi EO, ada yang menganggap bahwa kerjaan mencari sponsor untuk membantu management artist tadi adalah pekerjaan yang sulit dan wasting time, ada juga yang menganggap bahwa hal itu sama saja membantu management artist tadi untuk mendapatkan yang mereka inginkan, ada juga yang memang memiliki prinsip untuk menolak pekerjaan yang riskan, if the profit is not good enough just leave it, ada juga yang pengen kerjaan event hanya menggarap event yang sudah pasti saja ( dalam hal ini memposisikan diri sebagai stage management) dan lain sebagainya. Saya nggak bisa menyalahkan rekan-rekan EO tadi, itu sudah prinsip bisnis mereka! Bahkan ada yang dengan sadis, "Say NO to project with profit lower than 30%" What?!

Menyikapi hal ini, khususnya bagian yang pertama (bagian yg kedua, contoh dgn artist management, akan kita bahas nanti) yaitu membantu EO penerima pekerjaan pertama / sub-con dari EO utama, ada beberapa EO lokal yang sudah cukup aware. Mereka berusaha dengan beragam cara untuk menunjukkan kapabilitas mereka dalam penggarapan event. Caranya pun bermacam - macam, ada yang langsung repply membalas permintaan EO Jakarta dengan memberikan secara tertulis pada email yang dikirim di milis dengan memperinci pekerjaan apa saja yang pernah dikerjakan, bahkan ada juga yang membuat website dengan menampilkan deskripsi & photo dari event yang pernah digarap.
Langkah ini patut ditiru oleh EO lokal yang belum melakukannya, bukan sekedar untuk memberikan kepercayaan kepada EO pemberi pekerjaan, namun juga perlahan, mereka mulai membangun brand image, bahwa untuk penyelenggaraan event di satu kota domisili mereka, EO merekalah yang paling ok. Mungkin ada teman-teman EO lokal yang memiliki cara lain, untuk meyakinkan EO pemberi pekerjaan tadi dengan cara yang berbeda? Bisa di share disini.

Photo yang saya upload dihalaman ini, merupakan bagian dari portfolio saya, yg ini kerja bareng dengan Bung Sugi - EO di Jambi, rekanan dari radio Elria Buana - Alvin cs, saat menggarap Yamaha Jupiter MX - Asean Touring di Lapangan Polda Hitam, kota Jambi.
Sementara untuk bagian dimana EO diajak oleh management artist untuk bersama mempersiapkan event dengan mencari sponsor terlebih dahulu, saya bilang, " No comment " dulu, at least for a while. Energi hari ini sudah cukup tercurah untuk memikirkan revisi konsep dari salah satu client yang cukup besar, international brand yang... udah ah.. comment-nya dinantikan ya !

17 komentar:

  1. halo, pak yudi...
    sekalian saya pengen kenalan nih...
    saya, wawan dari smg...
    jalan eo juga, namanya ARKII the project
    barangkali bisa diberi kesempatan untuk membantu event pak yudi di smg
    sukur-sukur bisa jadi partner yg dipercaya pak yudi.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. halo, pak yudi...
    sekalian saya pengen kenalan nih...
    saya, wawan dari smg...
    jalan eo juga, namanya ARKII the project
    barangkali bisa diberi kesempatan untuk membantu event pak yudi di smg
    sukur-sukur bisa jadi partner yg dipercaya pak yudi.
    terima kasih

    BalasHapus
  3. hai, salam kenal ya...mau share pengalaman sedikit ya..hehehe
    dulu aku sering garap event2 dari klien / eo pusat yang mau event di sumatera, kita membantu mereka organized event mereka di daerah tp menurutku terkadang kita jangan terlalu men "judge" eo lokal nya yang kurang profesional tetapi pernah juga aku kerjasama sama eo pusat (gak perlu disebutin namanya) yang kerjanya hanya sok marah2, nunjuk2, nyuruh sana sini, briefing gak jelas, eksekusi dia malah pake kacamata item dan ngelitin dari jauh sambil ngelipat tangannya di dada mau nunjukin wibawanya sebagai eo pusat yg profesional, dsb jadi, kita sebagai eo lokal terkadang kesal juga kalo ketemu eo pusat yg seperti itu dan akhirnya kita pun jadi ogah2an...tapi aku juga pernah kerjasama dengan eo pusat (X-Tro) eks anak2 trastas jakarta yang aku lihat bener2 dapat share sama kita, saling koordinasi, terjun langsung dilapangan, pokoknya asyik bgt deh anak2nya dan eventnya pun berjalan sesuai rencana, sukses!!!dan kita pun banyak dapat pengalaman berharga dari mereka hingga sekarang kita pun selalu bekerjasama...jadi daripda itu kalo ada tanggapan eo lokal kurang dipercaya itu tergantung tanggapan kita masing2 dan tergantung eo mana yang kita ajak kerjasama, dan menurutku kita semestinya harus saling percaya karena kita satu profesi...karena rasa saling percaya dapat membangkitkan etos kerja kita semua...roda berputar; kadang kering kadang basah ; kadang di bawah kadang diatas mana tahu suatu saat kita lagi di bawah dan basah partner yang kurang kita percaya tersebut telah bangkit dan mau membantu kita...amin

    thanks lho mas yudhi, aku jadi curhat..hahaha, salam kenal donny_helmi / trust production (palembang - Jambi - Bengkulu)

    BalasHapus
  4. hallo pak yudi
    saya rama
    di bali
    kita dibali juga ada EO
    namanya Ananda Production
    kalau ada acara di bali pak
    kita siap bantu
    kita bisa di hub di 0816581830 (amsul) 081805454543 ( Rama ) atw lsg kantor kita 0361- 235435/7475663
    kita tunggu kabar baiknya ya pak
    tq

    BalasHapus
  5. Ya ya ya
    Saya sependapat, kalo eo lokal kurang dipercaya. Karena jam terbang dan konsistensi eo juga perlu diekspos. Sering kami jumpai EO yang tumbuh dan menghilang seiring jamur dimusim hujan. Cara gampang mengecek, tanyakan saja, apakah eo tersebut memiliki ijin/badan usaha. Kalo iya, berarti profesional. Tanyakan juga rekening gironya. Gampang kan ?
    Ok semoga sukses dengan event2nya

    www.arsy-marketing.com

    BalasHapus
  6. hai mas yudhi..
    saya dari dream success EO jambi,kita baru mulai neh...
    jadi baru dapat garapan 1 festival band..
    masih tahap belajar juga,jadi saya pengen share ma temen2 yg mau gabung atau bantu...
    thanks y mas..
    kalo mas mau bantuin kita juga boleh..dengan senang hati kami terima..
    hub.basyith/ds event organizer di 085266236873 atau di ds_evenorganizer@ymail.com

    BalasHapus
  7. alo boss, gimana kabarnya
    lama gak kerja bareng nih...
    salam buat temen2 di jkt

    sugi
    jambi
    ebfm off air division
    0741-7145758

    BalasHapus
  8. Hallo mas Yudi,
    salam kenal aja,.,.
    saya ANDI dari RED Organizer Jambi
    mungkin mas yudi juga baru dengar ttg RED tapi gak apa2 lah ini merupakan permulaan untuk membangun komunikasi dan persahabatan dengan EO lokal di Jambi,.,.,
    RED Organizer yang berdiri tahun 2007, yang berawal dari studio band, hingga saat ini telah mempunyai usaha Event Organizer, Rent Band Equipment N Sound System, Lighting, Weeding Organizer, Desain Grafis, Gathering, Product Lounching, N Lain2,..,.
    Banyak juga event yang udah kita jalani : Parade band KOMUNITAS (Kompetisi Musik Seni N Kreatifitas) kontrak ama TVRI Jambi selama 6 bulan, Event Parade2 band lokal, ... dan yang terakhir tgl 25 April kemarin event Baygon "Gerakan Usir Nyamuk". Insyaallah event kedepan : Djarum propaganda pasar, event pariwisata propinsi Jambi,.,, mudah2an ini bisa menjadikan referensi mas yudi untuk dapat bekerja sama dengan EO lokal seperti kita khususnya di wilayah Jambi,.,.,.
    Gak panjang lebar mas, hanya itu yang mungkin itu saja sebagai perkenalan awal,.,.
    TRims,.,.,.
    Salam EO

    BalasHapus
  9. halo, saya julian di bandung,,,,saya mahasiswa , nah saya sekarang sedang membentuk EO, pertanyaan saya, langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pemula dalam merintis bisnis EO,,,,mohon balas ya,,,,


    terima kasih

    BalasHapus
  10. halo bang....
    saya dari kendari
    sulawesi tenggara
    setelah membaca buku EO 7 langkah jitu aku jadi termotivasi,,,

    dan skarang kami punya EO namanya HANABI Organizer...
    alhamdulilah kami lagi garap untuk event HUT SULTRA hari jadi provinsi Sulawesi Tenggara,,,,
    kalau boleh sy ingin sharing2 dengan abang,,, wasalam

    BalasHapus
  11. ingin memberitahukan bahwasanya workshop saya memproduksi berbagai macam jenis tenda dari besi hingga aluminium. Produk Andalan workshop Indonexy Tent berupa Tenda Sarnavil / krucut dengan ukuran 3x3, 4x4, 5x5, 6x6 dan 10x10M dan juga memproduksi Tenda Roder Aluminium dari bentang 10M hingga 20M. Smua produk Indonexy Tent diberi garansi after sales yang memuaskan pembeli. Jadi bila berminat bisa cek dulu ke site:
    indonexytent@blogspot.com

    atau untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon
    HP. 0812-8399-482
    HP. 0815-999-4749

    Terima kasih n salam sukses selalu..

    BalasHapus
  12. kami dari EO Jayapura - Papua menganggap EO Jakarta kebanyakan menganggap eo lokal tidak mampu menangani job yang diberikan.
    kita tidak muluk2,kami hanya bisa mengatakan lihat saja nanti endingnya.

    salam sukses selalu,
    indra
    vicca sera - EO Papua
    www.viccasera.com

    BalasHapus
  13. Saya Harry Danubrata setiap kegiatan yang sekupnya nasional di Area Blora, Purwodadi, Demak, Kudus, Pati, Jepara dan Rembang kami di percaya untuk MEMBANTU jadi EO lokal, selama ini berjalan lancar, dan kami meski dengan tekanan dari mind EO, kami bisa laksanakan dengan baik sesuai target yang diberikan. Dari belajar dengan mereka itulah kami tahap demi tahap bisa handel beberapa event yang sekupnya daerah/ distrik, kami mulai dipercaya menangani event event meskipun skla daerah sudah menjadi mind EO, tapi tidak menutup kemungkinan jika ada EO nasional mengajak kerjasama kami silahkan hubungi kami. Aliansi Aneka Media ( 0817248081 )

    BalasHapus
  14. Salam knal mas Yudi saya DEdy casiro Putra Jambi Asli Mas mau nyoba-nyoba dan mulai belajar tentang apa itu EO saya hanya bermodalkan kepercayaan aja dan kejujuran kerja dengan para owner hanya bermodalkan bisa maen organ tunggal aja mas...mau mencoba belajar mengarap event yang sesuai juga dengan talenta saya mohon bantuan dan pencerahannya,,maksaih mas yudi buat bang andi Red salam kenal bang kalo perlu tenaga buat angkat-angkat speker kontek aja bang biar bisa kerja sambilan belajar

    BalasHapus
  15. Salam Kenal dari Saya Mas Yudi,
    Saya Syukur Hidayat Mewakili Bangundar Organizer Di makassar, Jika membutuhkan EO di sekitar Kota Makassar (South Sulawesi) kami bisa membantu Mas yudhi, Contact saya dpt di Ambil di www.bangundarorganizer.123website.co.id
    Terima Kasih...

    BalasHapus
  16. Hallo,salam kenal.
    Saya Alie Aloy dari VILARIANT Art barangkali membutuhkan hiburan yang berupa kesenian tradisional musik atau tari sunda,jawa maupun nusantara.ataupun kolaborasi dengan musik barat lain nya.seperti hal nya yg sedang marak akhir" ini di televisi.
    Contact dan CV saya bisa dilihat di www.vilariant.webs.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. salam eo...

    saya ipul lungga eo local area makassar, kali aj mas2 punya event di makassar kami siap bantu...

    082191333738

    BalasHapus