Rabu, Agustus 20, 2008

Concept for Sale ?



Concept For Sale ? Ehm, terdengar menarik. Ketika seorang creative, khususnya dalam bidang event, memiliki ide yang dapat diaplikasikan pada beberapa produk yang beredar di pasaran, apakah bisa dijual ?
Mengenai menjual ide atau konsep, pada beberapa bidang usaha khususnya jasa entertainment, hal ini memang biasa dilakukan.

Sebuah konser promotor adalah contoh nyata, emang pemilik brand2 besar kepikiran untuk mengundang Alicia Keys dalam sebuah konser? Mungkin, tapi effort-nya tidak ada karena mereka memang lebih concern untuk penjualan dibandingkan melakukan sebuah hal yang bukan dalam core bisnis mereka. Peluang bisnis ini dimanfaatkan oleh konser promotor dengan membuat sebuah konsep konser artist mancanegara tunggal, ide bukan ? karena mereka memutuskan harus mengundang siapa, tempatnya dimana dan lain - lain.

Artist management-pun sekarang nggak mau ketinggalan, saat upaya promosi yang dilakukan perusahaan rekaman dinilai tidak lagi memadai untuk mendongkrak mereka menjadi bagian dari band papan atas Indonesia, maka concept for sale adalah jawabannya. Artist management memadukan kepiawaian mereka dalam bidang ini dengan membuat suguhan event yang disesuaikan dengan target market dan juga prospectus sponsor. Ini pernah saya lakukan bersama Nungki - BAR ( dulu management-nya Ungu ) dan Pedro ( dulu management The Groove, Cherio dll ). Kami menggandeng Fruitea untuk menggelar roadshow sederhana ke beberapa SMU di pinggiran Jakarta yang kebetulan merencanakan untuk menggelar pensi. Semua biaya untuk group band dan perlengkapannya ditanggung oleh sponsor. Anak - anak SMU cuma menyediakan tempat dan panggung. Well, meskipun nggak sukses secara finansial, sesuai dengan tujuannya, untuk menjadikan band yang dinaungi lebih eksis dan memperkenalkan album barunya, acara ini bisa dibilang sukses.

Ada lagi yang nggak punya modal apa - apa, termasuk materi dan experience malah, nekat menjual konsep ke sponsor, dan ketika di ok-kan, secara teknis nggak menguasai..wah..celaka ya ? Menurut saya, Concept for Sale bagi pembuatnya juga harus ditunjang dengan kemampuan untuk mengeksekusi atau setidaknya mengontrol eksekusi event, karena concept yang baik adalah concept yang mampu direalisasikan mendekati rencana awalnya, begitupula dengan orangnya.
Ada lagi concept for sale yang lebih seru ?! Ntar ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar